Wapres: Pemerintah Upayakan Kebutuhan Guru Tercukupi

Menurut Wapres, Presiden Joko Widodo juga akan melaksanakan shalat Idul Adha di Istiqlal, namun agenda tersebut masih dapat berubah.

Arah -  Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa, mengatakan kebutuhan guru berkualitas di daerah akan tercukupi dengan pemberlakuan seleksi dari guru honorer menjadi berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

"Sekarang lagi dipelajari dari dua instansi, sebenarnya tidak ada moratorium tentang guru. Jadi guru tetap bisa ditambah, apalagi yang pensiun (banyak), jumlah murid makin bertambah dan sekolah makin bertambah. Oleh karena itu, kita tetap berkomitmen menjaga jumlah guru itu seimbang dengan (jumlah) murid," kata Wapres Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (13/3).

Banyaknya kebutuhan tenaga pendidik di daerah tersebut tidak serta membuat guru honorer otomatis berstatus menjadi guru PNS. Wapres mengatakan harus ada seleksi guna memperoleh tenaga pendidik yang berkualitas di Indonesia.

"Memang dibutuhkan syarat-syarat yang lebih ketat, kualitas contohnya. Jadi harus dites baik-baik, tidak semua lulusan sekolah-sekolah guru itu langsung menjadi guru (PNS). Mereka harus melalui rangkaian tes dan pelatihan," jelasnya.

[baca_juga]

Terkait rencana pemenuhan posisi tenaga pendidik berstatus PNS, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) saat ini sedang berkutat pada penghitungan jumlah kebutuhan posisi tersebut.

MenPANRB Asman Abnur mengatakan pihaknya sedang melakukan pemeriksaan guna memperoleh data terkait jumlah guru honorer yang ada di daerah.

Berita Terkait

Wapres Soroti Situs Rumah Tua Cimanggis Wapres Soroti Situs Rumah Tua Cimanggis
Wapres Lanjutkan Lawatan Hari Kedua di Afghanistan Wapres Lanjutkan Lawatan Hari Kedua di Afghanistan
Soal Kabar Hakim MK Tertangkap KPK, Ini Komen JK Soal Kabar Hakim MK Tertangkap KPK, Ini Komen JK

#wapres #Wapres Jusuf Kalla #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar