Indeks Kerukunan Umat Beragama 2017 Ada di Angka 72,27

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul, mengajak masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Arah -  Hasil Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama yang dilakukan Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan Pelatihan Kementerian Agama menunjukkan Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia pada 2017 berada di angka 72,27.

"Kami bersyukur hasil survei masih baik, di atas angka 70 dan dikategorikan baik," kata Kepala Balitbang dan Diklat Kementerian Agama Abdurrahman Mas`ud di Jakarta, Kamis.

Abdurrahman mengatakan penelitian tersebut bukan satu-satunya yang dilakukan di Indonesia. Masih banyak penelitian lain dengan hasil yang beragam.

Namun, seperti halnya penelitian lain, Abdurrahman menyatakan tim peneliti Kementerian Agama siap mempertanggungjawabkan hasil survei tersebut secara akademik.

"Kami bukan bermaksud menyatakan hasil penelitian ini yang terbaik di antara penelitian lainnya," ujarnya seperti dilansir Antaranews.

Survei Nasional Kerukunan Umat Beragama 2017 dilakukan pada 7 Desember hingga 20 Desember di 31 provinsi, baik di kota yang termasuk ibu kota maupun kota satelit.

Baca Juga: Ganti Pin ATM Berkala Untuk Cegah Skimming
Faisal Basri Sanjung Pengelolaan Utang Singapura

Survei dilakukan terhadap 7.140 responden yang berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah dengan metode "Multistage Clustered Random Sampling" dengan ambang batas kesalahan 1.046 persen dan tingkat kepercayaan 99,6 persen.

Indeks Kerukunan Umat Beragama Indonesia 2017 72,27 yang menunjukkan kondisi kerukunan umat beragama di Indonesia adalah baik.

Indeks tersebut diperoleh dari hasil pengukuran tiga indikator, yaitu toleransi (70,91), kesetaraan (72,38) dan kerja sama (73,51).

Berita Terkait

Percaya atau Tidak, Hewan Tikus Berperan Penting dalam Penelitian Percaya atau Tidak, Hewan Tikus Berperan Penting dalam Penelitian
Survei: Ternyata Wajah Cantik Saja Belum Cukup untuk Menarik Pria Survei: Ternyata Wajah Cantik Saja Belum Cukup untuk Menarik Pria
Wah, Marah Ternyata Juga Baik untuk Kesehatan Lho Wah, Marah Ternyata Juga Baik untuk Kesehatan Lho

#Torelansi Beragama #Aksi Indonesia Beragam #Kerukunan/ Toleransi Beragama #Peneliti #Riset/ Penelitian Ilmiah #Satelit #survei #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar