LMA Minta Pejabat Papua Tak Gunakan Mahkota Cenderawasih

Burung Cenderawasih (Passeriformes or Perching Birds). (wwf.org)

Arah -  Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay meminta para pejabat di Papua menyelamatkan burung cenderawasih dari kepunahan.

Ketua LMA Port Numbay George Awi, di Jayapura, Sabtu, mengaku sangat menyayangkan sikap para pejabat Papua yang masih memakai mahkota dari burung cenderawasih dalam event-event tertentu.

Menurut dia, tindakan para pejabat itu secara tidak langsung mempercepat kepunahan burung cenderawasih.

"Ini soal mental, harus mulai dari pejabat, sangat disayangkan pejabat Papua masih memakai mahkota cenderawasih," ujarnya.

Menurut George, masyarakat kecil menjual mahkota cenderawasih karena terdesak kebutuhan ekonomi, dengan harga yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Tidak mungkin masyarakat menengah ke bawah yang membeli mahkota cenderawasih tersebut. Pejabat seperti bupati, kepala dinas dan anggota DPR yang mampu membeli mahkota cenderawasih.

Baca Juga: Midwest AS, Dilanda Hujan Badai dan Angin Topan Pekan Ini
Gerindra: Prabowo Ingatkan Tidak Remehkan Persoalan Bangsa

George juga menilai, hingga kini peran media massa belum efektif dalam memberikan informasi kepada masyarakat soal penyelamatan cenderawasih, karena untuk mengubah mental manusia, perlu media yang efektif.

Anggota DPR Papua Jhon Gobay mengatakan regulasi sangat penting dalam penyelamatan burung cenderawasih. Selain itu, adanya partisipasi masyarakat.

Masyarakat perlu diberi alternatif usaha lain sehingga tidak berusaha dengan eksploitasi pada objek yang terdapat burung cenderawasih.

"Kami siap kalau masyarakat mendorong adanya regulasi penyelamatan cenderawasih," kata Jhon Gobay, seperti dilansir Antaranews.

Berita Terkait

Jembatan Hamadi-Holtekam di Papua Terlebar di Indonesia Jembatan Hamadi-Holtekam di Papua Terlebar di Indonesia
DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
KPK Imbau Pejabat Baru Lapor Harta Kekayaan KPK Imbau Pejabat Baru Lapor Harta Kekayaan

#burung cendrawasih #Papua #Pejabat #pejabat negara #media #Peran Media #Mahkota Cendrawasih #Punah #Hewan Langka #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar