Membaca Buku Jadi modal JK Damaikan Konflik

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Arah -  Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, mengungkapkan kegemarannya membaca buku menjadi modal besar sepanjang pengalamannya mendamaikan konflik di beberapa daerah.

"Saya selalu katakan, berikan waktu saya dua minggu untuk menyelesaikan semua, jangan ganggu saya dua minggu karena saya ingin memanfaatkan untuk membaca detail apa yang terjadi sebenarnya," kata Wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional bidang Perpustakaan di Gedung Perpusnas Jakarta, Senin (26/3).

Dengan membaca sejarah, sastra dan pengetahuan umum tentang daerah berkonflik itu, pria yang akrab disapa JK itu bisa memahami asal mula kondisi dan penyebab konflik di daerah tersebut.

Sehingga, dia bisa menemukan solusi tepat untuk permasalahan atau konflik yang dialami di daerah, seperti di Aceh, Ambon dan Poso.

"Semua orang keliru akan perdamaian itu, dan kalau keliru pasti penyelesaiannya juga keliru. (Konflik) Di Ambon, Poso, Aceh dikira soal agama, padahal bukan soal agama, tapi soal keadilan. Poso dan Ambon itu soal keadilan politik, di Aceh soal keadilan ekonomi intinya. Jadi bukan soal agama," jelasnya.

Baca Juga: Kini Bandara Lombok Layani Rute ke Semarang
Apple Berencana Produksi iPhone Lipat

Oleh karena itu Kalla meyakini peningkatan minat baca di masyarakat dapat meminimalisir konflik yang terjadi serta memperbesar peluang penemuan solusi bagi konflik yang masih terjadi di daerah.

"Artinya, apabila kita memberikan gambaran tentang perpustakaan, kita bicara tentang pengetahuan, pikiran yang luas, bicara perbandingan dan sumber-sumber kekayaan; maka semua itu akan memberikan kita solusi," tutur Wapres.

Sementara itu, berdasarkan data penelitian Perpustakaan Nasional tahun 2017, tingkat kegemaran masyarakat Indonesia akan membaca masih rendah di angka 36,48 persen.

Terkait akan hal itu, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando berharap dengan adanya Rakornas bidang perpustakaan dapat ditemukan jawaban atas persoalan rendahnya kegemaran membaca di masyarakat.

Berita Terkait

Wapres Buka Perdagangan Bursa Efek 2018 Wapres Buka Perdagangan Bursa Efek 2018
Pernyataan Wapres Soal LGBT yang Tidak Akan Legal di Indonesia Pernyataan Wapres Soal LGBT yang Tidak Akan Legal di Indonesia
Jusuf Kalla: Doakan Mudik Lebaran 2017 Lancar Jusuf Kalla: Doakan Mudik Lebaran 2017 Lancar

#jusuf kalla #Wapres Jusuf Kalla #kedamaian #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar