Data Digital Berharga Seperti Minyak

facebook, facebook hapus pengemis like and share

Arah - Bakal Calon Legislatif Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daniel Tumiwa mengatakan saat ini data digital sangat berharga layaknya pertambangan minyak dan gas.

"Ini adalah era saat data sangat berharga seperti era ketika pertambangan minyak dan gas dimulai. Sekarang, data is the new oil," kata Daniel dalam siaran pers, Rabu.

Daniel mengatakan saat ini data digital seseorang di dunia maya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan sehingga bisnis penjualan data menjadi bisnis yang menjanjikan.Data digital juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan negara lain.

"Kedaulatan digital itu penting. Data adalah senjata perang abad ini," ujar mantan CEO OLX itu.

Baca Juga: Pengguna Internet di Indonesia Tumbuh 54,63 Persen
Berkaca Dari Skandal Facebook, Indonesia Mesti Buat Medsos Lokal

Daniel mengatakan pemerintah telah merancang RUU Perlindungan Data yang disebutnya harus segera masuk Prolegnas sehingga Indonesia memiliki kedaulatan digital dengan keberadaan regulasi jelas yang ditentukan oleh otoritas di Indonesia, bukan ditentukan perusahaan penyedia platform.

Daniel menekankan pentingnya literasi digital kepada publik agar publik mengetahui hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan dalam dunia maya.

Lebih jauh dia mengatakan, sejak beberapa pekan lalu, dunia digemparkan skandal data pengguna Facebook yang digunakan untuk kepentingan pemenangan Donald Trump dalam Pilpres Amerika Serikat 2016.

Daniel mendorong DPR RI segera memanggil perwakilan Facebook Indonesia untuk menanyakan keamanan data digital penduduk pada jejaring sosial itu.

Berita Terkait

DPR Dorong Pemerintah Segera Gunakan 'Big Data' DPR Dorong Pemerintah Segera Gunakan 'Big Data'
Presiden Jokowi Buka Konferensi Idbyte 2017 Presiden Jokowi Buka Konferensi Idbyte 2017
14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ 14.520 Lansia Jakarta Dapat Kartu Bantuan KLJ

#digital #Big Data #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar