Bali Ekspor Buah Manggis ke Tiongkok

Ilustrasi: Buah Manggis. (Foto: pixabay/Taboty)

Arah -  Asosiasi Manggis Bali untuk pertama kalinya mengekspor buah Manggis ke China pasca dibukanya kembali pasar ekspor buah segar itu sejak akhir tahun 2017.

"Pengiriman sekarang sebanyak 30 ton dengan target 40.000 ton buah Manggis hingga akhir musim," kata Ketua Asosiasi Manggis Bali, Jero Putu Tesan saat ditemui di Cargo Benoa, Bali, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Manggis yang diekspor saat ini merupakan hasil petani di kawasan Pupuan, Tabanan, Bali.

Produksi dari 6.250 petani Manggis di seluruh Pulau Dewata itu mengakui bahwa jumlah petani dan produksi manggis setelah ditutup pasar ekspor sejak tahun 2012 sempat mengalami penurunan.

Baca Juga: Presiden Pertimbangkan Penurunan Bea Impor Obat Kanker
Tol Trans Jawa Bisa Digunakan Untuk Jalur Mudik

"Namun, dengan permintaan saat ini kami petani di Bali mampu memenuhi permintaan pasar China," ujarnya seperti dilansir Antaranews.

Selain itu, menurut dia, sudah berkoordinasi dengan protokol di China terkait syarat ekspor buah Manggis sehingga lancar sampai di negara tujuan.

Sementara itu, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar Putu Teruna Negara mengatakan, pasar ekspor buah Manggis dari Indonesia sempat ditutup ke China sejak tahun 2012 kerana beberapa hal teknis.

"Pasar ekspor manggis kembali dibuka pada Desember 2017," ujarnya.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan protokol dan persyaratan lainnya untuk bisa lolos ke pasar internasional terutama China. "China memang pangsa pasar ekspor Manggis terbesar dibanding negara lainnya," ujarnya. (WDY)

Berita Terkait

Sempat Dilarang, Indonesia Bisa Lagi Ekspor Manggis ke Tiongkok Sempat Dilarang, Indonesia Bisa Lagi Ekspor Manggis ke Tiongkok
Soal Manggis, Indonesia Minta Tiongkok Transparan Soal Manggis, Indonesia Minta Tiongkok Transparan
Presiden Jokowi Lantik Empat Pejabat Negara Presiden Jokowi Lantik Empat Pejabat Negara

#Buah Manggis #Ekspor Manggis #Bali #pulau dewata Bali #china #Tabanan #Tiongkok #Petani #Ekspor Indonesia #Indonesia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar