UNESCO Tetapkan Gunung Rinjani Sebagai Geopark Dunia

Gunung Rinjani menjadi salah satu ikon pariwisata Lombok. (Foto: disbudpar.ntbprov.go.id)

Arah - Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ditetapkan sebagai geopark dunia dalam sidang Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

"Baru saja saya mendapat kabar bahwa pada sidang Unesco Executive Board, Kamis (12/4) di Paris, telah menetapkan Geopark Rinjani sebagai anggota baru Unesco Global Geopark," kata General Manager Geopark Rinjani Chairul Mahsul saat dihubungi melalui telepon, Sabtu.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemeintah Provinsi NTB ini berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut.

"Selamat dan terima kasih kepada semua sahabat Rinjani yang telah membantu pencapaian status Gobal Geopark tersebut bisa tercapai," katanya.

Baca Juga: Bupati Karimun Berharap Media Dapat Promosikan Daerah
Makanan Rendang Jadi Ikon Kota Payukumbuh

Gunung Rinjani, masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Kawasan ini mencakup empat wilayah di Pulau Lombok, mulai dari Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Timur.

Salah satu pesona unggulan TNGR, adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.

Berita Terkait

Sandiaga Minta Disparbud Segera Revitalisasi Kota Tua Sandiaga Minta Disparbud Segera Revitalisasi Kota Tua
Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini
DKI Jakarta Rencanakan Survei Soal Penataan Tanah Abang DKI Jakarta Rencanakan Survei Soal Penataan Tanah Abang

#Gunung Rinjani #Pulau Lombok #UNESCO #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar