Prancis Umumkan Bantuan Kemanusiaan 50 Juta Euro Untuk Suriah

Presiden Prancis Emmanuel Macron. (REUTERS)

Arah -  Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Senin (16/4) setempat mengatakan bahwa Prancis akan memberikan sumbangan 50 juta euro (sekira Rp850 miliar) untuk bantuan kemanusiaan darurat kepada Suriah.

Janji itu ia umumkan setelah pertemuan sekelompok lembaga swadaya masyarakat di Paris.

"Pada petang ini, saya mengumpulkan lembaga swadaya masyarakat, yang menjalankan tugas di lapangan di Suriah. Dalam menghadapi masalah kemanusiaan, Prancis membentuk program darurat senilai 50 juta euro," kata Macron melalui Twitter resminya.

Dana itu akan disebarkan ke berbagai lembaga swadaya masyarakat dan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa di lapangan di Suriah, termasuk kantor PBB urusan kemanusiaan, kata kantor kepresidenan Prancis.

Baca Juga: KPK: 10 Anggota DPRD Sumut Kembalikan Uang
Anggota TNI-Polri Bisa Kredit Rumah Tanpa DP

Lebih dari 20 LSM hadir dalam pertemuan dengan Macron di istana kepresidenan Elysee, termasuk Action Aid, Handicap International, Palang Merah dan Care.

Menurut perkiraan PBB, sekitar 13 juta orang, termasuk enam juga anak, membutuhkan bantuan kemanusiaan di Suriah. Negara itu telah tercabik perang selama tujuh tahun hingga membuat jutaan warga kehilangan tempat tinggal.

PBB pada Kamis mengatakan berharap dapat mengumpulkan bantuan, sedikit-dikitnya bagi 100.000 warga Suriah, yang sangat membutuhkan bantuan setelah peperangan mengakhiri pengepungan selama bertahun-tahun di kantong yang diduduki pemberontak di Ghouta timur, demikian Reuters.

Berita Terkait

Pemerintah Indonesia Ungkap Keprihatinannya Atas Suriah Pemerintah Indonesia Ungkap Keprihatinannya Atas Suriah
120.000 Orang Tinggalkan Ghouta Timur Dalam Delapan Hari 120.000 Orang Tinggalkan Ghouta Timur Dalam Delapan Hari
Macron Peringatkan Turki Soal Intervensi di Suriah Macron Peringatkan Turki Soal Intervensi di Suriah

#Prancis #bantuan kemanusiaan #Suriah #Perang #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar