PM Jepang Janji Tak Akan Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, mengenakan kostum Super Mario untuk mempromosikan olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo. Paparan PM Jepang disampaikan dalam seremoni penutupan olimpiade Rio, Brasil, pada Ahada (22/8) waktu setempat. (Foto: youtube.com)

Arah -  Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas bahwa negaranya tidak akan memindahkan kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem menurut siaran kantor berita Palestina Wafa, Selasa (1/5), dua pekan sebelum Amerika Serikat (AS) merampungkan pemindahan kedutaannya yang kontroversial.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kota Ramallah, Abe mengatakan kepada Abbas bahwa Jepang "tidak akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem" menurut siaran Wafa.

Amerika Serikah dijadwalkan memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei, langkah yang memicu kemarahan warga Palestina, yang menganggap wilayah timur kota tersebut sebagai ibu kota mereka.

Keputusan Presiden Donald Trump itu meruntuhkan konsensus internasional bahwa selama puluhan tahun bahwa masa depan kota sengketa itu harus dirundingkan antara kedua pihak, tetapi Israel berharap negara lain akan mengikuti langkah Amerika Serikat.

Wafa mewartakan Abe menegaskan kembali dukungannya terhadap pembentukan negara Palestina merdeka di dalam kerangka solusi dua negara dan Abbas berterima kasih kepada Abe atas dukungan negaranya bagi rakyat Palestina.

Baca Juga: Jumlah wisatawan Australia ke Bali merosot 13,20 persen
Larangan Menikah di Bawah Umur Harus Dipertegas

Abbas juga memberi tahu Abe bahwa Palestina tetap "siap bekerja sama bagi keberhasilan upaya internasional apa pun untuk menemukan satu proses politik" berdasarkan hukum internasional serta pembentukan negara Palestina.

Palestina menolak bertemu tim perundingan Trump berkenaan dengan sengketa pemindahan kedutaan dan Abbas menyeru negara lain untuk masuk guna memfasilitasi proses perdamaian yang baru.

Abe dalam kunjungannya ke Timur Tengah juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu menurut siaran kantor berita AFP. (mu)

Berita Terkait

Tolak klaim Israel, Jepang Tak Pindahkan Kedubes ke Yerusalem Tolak klaim Israel, Jepang Tak Pindahkan Kedubes ke Yerusalem
Berlin Serukan Penyelidikan Penembakan Demonstran Gaza Berlin Serukan Penyelidikan Penembakan Demonstran Gaza
128 Negara Anggota PBB Menentang Pengakuan Trump Atas Yerusalem 128 Negara Anggota PBB Menentang Pengakuan Trump Atas Yerusalem

#Israel #Israel-Palestina #Jepang #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar