Bupati Purwakarta Beri Fasilitas Pemuda Difabel Pencipta Robot

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/facebook

Arah -  Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika siap membantu fasilitas bagi Ahmad Sobandi, pemuda disabilitas yang mampu membuat robot dari barang bekas.

"Kita akan menyiapkan kebutuhan penunjang untuk membuat robot tersebut, seperti perangkat komputer untuk menguji hasil buatannya atau untuk mencari inovasi lainnya," katanya di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu.

"Secara pribadi, saya sangat bangga terhadap kemampuan yang dimiliki Ahmad Sobandi," tambahnya.

Ia berniat akan menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki Ahmad Sobandi, karena pemuda jenius seperti Ahmad Sobandi harus mendapatkan bimbingan dari pemerintah daerah setempat.

Karena itu, bupati akan meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Purwakarta agar mengumpulkan limbah elektronik yang sudah tidak terpakai.

"Semua barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai itu nantinya bisa digunakan oleh Ahmad untuk membuat robot," katanya seperti dikutip antara.

Ibu Ahmad Sobandi, Encin Kuraesin mengatakan, kemampuan anaknya yang berusia 28 tahun itu muncul secara otodidak. Awalnya ia rajin mengumpulkan besi dari payung sebagai bahan untuk membuat robot.

Baca Juga: Menyeramkan! Ini Penampakan Lapisan Atmosfer Matahari
Seperti Apa Fungsi Smartphone 50 Tahun Lagi?

Robot ciptaan pria dari Desa Cilegong, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta tersebut berbentuk laba-laba. Untuk sumber energi robot tersebut, Ahmad menggunakan baterai bekas telepon genggam.

Baterai tersebut bisa diisi ulang menggunakan charger baterai yang sama. Sejauh ini, ia berhasil membuat lima buah robot.

Berita Terkait

Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Dedi Mulyadi Tegaskan Perusahaan di Purwakarta Harus Transparan Dedi Mulyadi Tegaskan Perusahaan di Purwakarta Harus Transparan

#Bupati Purwakarta #robot #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar