Penyebab Jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Masih Diselidiki

Ilustrasi pesawat (Pixabay)

Arah - Pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET-302 jatuh pada Minggu (10/3/2019). Peristiwa itu terjadi sekitar 6 menit setelah pesawat tinggal landas dari ibu kota Ethiopia, Addis Ababa dengan tujuan ibu kota Kenya, Nairobi.

Pihak Ethiopian Airlines menyatakan pesawat membawa 149 penumpang dan 8 awak yang berasal dari 30 negara berbeda. Di antaranya 32 warga Kenya, 18 warga Kanada, 9 warga Ethiopia, 8 warga Amerika Serikat dan seorang warga negara Indonesia.

Selain seorang penumpang WNI, terdapat satu penumpang lainnya masing-masing warga Belgia, Somalia, Norwegia, Serbia, Togo, Mozambik, Rwanda, Sudan, Uganda dan Yaman.

Penyebab jatuhnya pesawat masih belum diketahui secara pasti. Pihak Ethiopian Airlines menunggu penyelidikan sesuai dengan aturan internasional. Operasi pencarian tengah dilakukan di lokasi jatuhnya pesawat di sekitar Kota Bishoftu yang berjarak 60 kilometer arah tenggara Addis Ababa.

Melalui cuitan Twitternya, Ethiopian Airlines mengatakan pesawat yang diantarkan ke Ethiopian Airlines pada 15 November 2018 telah menjalani prosedur pemeriksaan awal pada 4 Februari 2019. Pilot yang bertugas Kapten Senior Yared Getachew merupakan pilot "performa terpuji" dan telah mengantongi 8.000 jam terbang. Sedangkan yang menjadi kopilot adalah Ahmed Nur Mohammod Nur dengan 200 jam terbang.

Baca Juga: Evakuasi KRL Anjlok Selesai, Jalur Jakarta-Bogor Bisa Dilintasi
Juara All England 2019, Hendra/Aksan Beberkan Kunci Kesuksesan

Melalui keterangan tertulis Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Italia, menyatakan WNI yang menjadi korban jatuhnya pesawat tinggal di Roma. Dia bekerja untuk World Food Program (WFP), Badan Pangan yang bernaung di bawah PBB.

"Duta Besar RI di Roma, telah bertemu dengan keluarga korban, dan menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga korban."

"KBRI Roma akan terus berkoordinasi dengan keluarga korban, KBRI Addis Ababa dan Kantor WFP Roma untuk pengurusan jenazah dan dukungan bagi keluarga."

Berita Terkait

66 Orang Tewas, Pasca Jatuhnya Pesawat Di Iran 66 Orang Tewas, Pasca Jatuhnya Pesawat Di Iran
Pesawat Jatuh Buat Panik Penonton Australia Day, 2 Orang Tewas Pesawat Jatuh Buat Panik Penonton Australia Day, 2 Orang Tewas
April 2018, The Script Siap Guncang Jakarta, Ini Harga Tiketnya April 2018, The Script Siap Guncang Jakarta, Ini Harga Tiketnya

#pesawat jatuh #Kecelakaan Pesawat #Korban WNI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar