Segera Digelar, Ini Panelis dan Moderator Debat ke-3 Pilpres

Moderator debat ketiga Pilpres. (Dok.KPU)

Arah - Komisi Pemihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga capres-cawapres pada Minggu (17/3/20190. Seperti dua debat sebelumnya, para panelis dan dua moderator juga menandatangani pakta integritas.

Penandatanganan disaksikan Ketua dan Anggota KPU menjadi bagian dari transparansi dan komitmen penyelenggaraan debat yang berintegritas, dimana panelis dan moderator akan menjaga sikap, tindakan dan kerahasiaan dari daftar pertanyaan yang telah disusun sebelumnya.

"Kami meminta panelis dan moderator bahwa mereka akan bekerja, bertindak memproses pertanyaan-pertanyaan (dan nanti akan disampaikan moderator kepada para kandidat) dengan prinsip sebagaimana diatur dalam UU," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Jakarta, seperti dilansir situs KPU, Rabu (13/3/2019).

Menurut Arief melalui penandatanganan pakta integritas ini, sekaligus menghilangkan keraguan atas pertanyaan yang akan disampaikan. Sebab pada pakta integritas memuat kewajiban bagi panelis maupun moderator untuk membuat pertanyaan yang seimbang atau tidak menguntungkan salah satu pihak.

"Kemudian secara individu (mereka) juga orang-orang independen, tidak menjadi peserta parpol, tidak menjadi timses," lanjut Arief.

Sementara Ketua Tim Panelis Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum menyambut baik penandatanganan pakta integritas sebagai bagian dari menjaga independensi panelis sebagai pihak yang turut berupaya menyukseskan debat ketiga.

"Kami berusaha sekuat tenaga bersama panelis meramu pertanyaan dan berusaha menjaga kerahasiaan dan integritas," katanya.

Dia menyebut independensi sangat dibutuhkan agar pelaksanaan debat betul-betul fairplay dan sesuai ketentuan berlaku.

Baca Juga: Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat
Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Australia

Perwakilan moderator, Alfito Deannova Gintings berharap kontribusinya dapat bermanfaat bagi kemajuan demokrasi di Indonesia. Alvito akan memandu acara debat bersama Putri Ayuningtyas.

"Kehadiran kami semata untuk memastikan demokrasi tegak di Indonesia. Dan kerja kami semoga lancar semata untuk kepentingan publik meyakinkan pilihan mereka tepat," tutup Alfito.

Selain Prof Dr Yos Jihan Utama SH MHum, delapan panelis yang turut menandatangani pakta integritas antara lain, Prof Dr Samsu Rizal, MEng, Prof Drs Yudian Wahyudi, MA Ph.D, Prof Dr Chairil Effendi, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, Prof Subhilhar MA Ph.D, Radhar Panca Dahana, Anis Hidayah, Prof Dr David S Perdanakusuma dr., Sp.BP-RE (K).

Berita Terkait

Gelar Debat Capres, KPU Gandeng KPK Gelar Debat Capres, KPU Gandeng KPK
Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa
KPU Serahkan Bocoran Soal Debat ke Pasangan Capres KPU Serahkan Bocoran Soal Debat ke Pasangan Capres

#kpu #debat #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar