3 Strategi Nasional KPK Cegah Korupsi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agoes Rahardjo (Dok.Setkab)

Arah - Strategi Nasional (Stranas) pencegahan korupsi yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) fokus pada tiga hal yakni kemudahan perizinan, keuangan negara dan penegakan hukum.

“Fokus pertama kita akan menyelenggarakan kemudahan perizinan. Dalam kemudahan perizinan ini fokus utama adalah adanya Online Single Submission (OSS), dan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu),” ujar Ketua KPK Agoes Rahadjo.

Pernyataan itu disampaikan Agoes pada acara Penyerahan Dokumen Aksi Pencegahan Korupsi Tahun 2019-2020 dan Laporan Pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi Tahun 2019, Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Agus berharap nantinya yang tergabung di dalam OSS bukan hanya pemerintah daerah tetapi juga kementerian. Dia mencontohkan Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan yang kegiatannya harus segera digabungkan disinergikan dengan OSS.

Terkait keuangan negara, menurut Agoes, yang utama adalah bagaimana mengintegrasikan e-budgeting dengan e-planning. Agus menyarankan Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Kementerian Keuangan terutama Dirjen Anggaran dan Deputi Pembiayaan Bappenas duduk bersama membuat bisnis proses yang tujuannya agar segera terwujud.

Baca Juga: Pengawasan Ketat Fintech, ORI Dorong RUU Data Pribadi
Startup Ini Tak Sekadar Decacorn Pertama di Asia Tenggara

Disamping itu juga Agoes menggarisbawahi sistem e-planning dan e-budgeting juga harus terintegrasi dengan e-procurement.

“Kami sangat berharap sebetulnya di dalam e-proc yang akan datang, mestinya ini juga kesempatan untuk mengembangkan industri kita. Salah satu yang bisa kita tiru misalnya pengamanan Korea yang mengembangkan VPS mulai tahun 49, sebelum perang Korea mulai,” terang Agoes.

Terkait fokus ketiga yakni penegakan hukum. Ketua KPK mengingatkan, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tiga surveyor yang membawa IPK ke arah yang nilainya rendah terkait dengan penegakan hukum.

Berita Terkait

Persija Siapkan Kekuatan Penuh Di Piala Presiden Dan AFC Cup Persija Siapkan Kekuatan Penuh Di Piala Presiden Dan AFC Cup
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat
Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu

#Perizinan Online #kpk #Pemberantasan Korupsi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar