Mengapa Profesi Pilot Lebih Didominasi Pria?

Ilustrasi pilot perempuan (Pixabay)

Arah - Profesi pilot memang tidak lagi menjadi monopoli kaum pria. Namun jumlah perempuan yang berminat menekuni profesi ini jumlahnya masih sedikit.

Data Federal Aviation Administration, jumlah pilot wanita di Amerika Serikat sempat melonjak drastis, dari 4218 pada 1960 menjadi 26.896 pada 1980. Hanya saja dalam dua dekade terakhir, lonjakan itu terhenti dan mengalami penurunan. Jumlah pilot wanita turun menjadi 23.216 pada 2016 atau hanya 5 persen dari total jumlah pilot di AS

Dilansir stuff.co.nz, Presiden Institute for Women of Aviation Worldwide, Mireille Goyer dalam postingan blognya menyebutkan biaya belajar pilot yang terus naik menjadi salah satu penyebab sedikitnya jumlah pilot wanita.

Goyer juga menyinggung budaya dalam dunia penerbangan yang berpotensi uninclusive terhadap perempuan. Pilot masih dijajakan sebagai karir untuk pria sehingga wanita dengan tingkat intelijensia tinggi cenderung tidak mengejar profesi pilot dibanding pria.

Baca Juga: Ethiopian Airlines Jatuh, Ini Dampaknya Bagi Boeing
Tim Kemenhub Teliti Pesawat Boeing 737 Max 8

Lingkungan pelatihan penerbangan didominasi pria dengan kecenderungan mekanis, yang menghadirkan rintangan tambahan bagi wanita.

Goyer menggagas gerakan "Fly it Forward" untuk mendukung wanita muda yang berminat dengan dunia penerbangan. Dia juga menyampaikan dukungannya terhadap selebgram Eses Aksan Erdogan, seorang pilot wanita yang dinilainya bisa menjadi inspirasi wanita lainnya di masa depan. 

Berita Terkait

Ini Alasan Pilot dan Kopilot Tak Boleh Makan Makanan yang Sama Ini Alasan Pilot dan Kopilot Tak Boleh Makan Makanan yang Sama
Pilot Rusia Tewas Setelah Pesawatnya Ditembak Jatuh di Suriah Pilot Rusia Tewas Setelah Pesawatnya Ditembak Jatuh di Suriah
7 Bandara Unik dan Berbahaya di Dunia 7 Bandara Unik dan Berbahaya di Dunia

#Pilot Hebat #Pilot Pesawat #Pilot Perempuan #Maskapai Penerbangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar