Bawaslu Dorong Caleg Perempuan Penuhi Kuota 30 Persen

Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019. (Dok.Bawaslu)

Arah - Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mendorong calon legislatif (caleg) perempuan berjuang untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan di DPR, DPD RI maupun DPRD provinsi dan kabupaten/kota pada Pemilu serentak 2019.

Ratna mengimbau perempuan yang menjadi caleg berjuang untuk bisa terpilih menjadi anggota DPR, DPD RI, atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

"Saya sebagai perempuan mendorong perjuangan kaum perempuan supaya 30 persen kuota di Legislatif tercapai, ujarnya di Bengkulu.

Diakui Dewi, memang tidak mudah untuk mencapai kuota 30 persen keterwakilan perempuan di legislatif. Namun dia yakin perempuan cerdas dan hebat yang ikut bertarung dalam Pemilu 2019 akan mampu mewujudkannya.

Baca Juga: Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat
Kejutan, Real Madrid Tersingkir dari Liga Champions

Dewi menyarankan caleg perempuan turun ke tengah masyarakat dan menjalin komunikasi dengan masyarakat pemilih untuk mendulang suara.

“Caleg perempuan harus kerja keras. Tampung semua aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing,” tegasnya dilansir situs PSSI.

Dewi menambahkan, jika melihat pada Pemilu 2004 untuk DPR RI, sebanyak 65 perempuan berhasil mendapatkan kursi di parlemen. Jumlah itu hanya menyumbang 11, 82 persen keterwakilan perempuan di DPR.

Pada Pemilu 2009 jumlah keterwakilan perempuan di parlemen naik menjadi 17, 86 persen. Sayangnya, jumlah itu turun sedikit menjadi 17, 32 persen di Pemilu 2014.

Saat ini, dari total 560 Anggota DPR RI, 97 di antaranya perempuan. Angka-angka itu sekaligus menunjukkan kuota 30 persen perwakilan perempuan di parlemen belum terpenuh.

Berita Terkait

PAN Minta Presiden Perpanjang KPU-Bawaslu, ini Alasannya PAN Minta Presiden Perpanjang KPU-Bawaslu, ini Alasannya
PBB Minta Bawaslu Mediasi Dengan KPU PBB Minta Bawaslu Mediasi Dengan KPU
Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa

#Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #kpu #Perempuan #Parlemen #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar