Ini Hasil Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN

Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN di Thailand. (Dok.Kemenkeu)

Arah - Pertemuan ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors (AFMGM) 2019 menghasilkan peningkatan kerja sama perpajakan dan kepabeanan untuk mendorong integrasi aktivitas ekonomi dan meningkatkan fasilitas perdagangan di kawasan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memimpin delegasi Indonesia dalam Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Se-ASEAN. Pertemuan berlangsung di Chiang Rai, Thailand pada 2-5 April 2019, .

Dalam konteks perpajakan, ASEAN terus mendorong perluasan jaringan perjanjian penghindaran pajak berganda antarnegara ASEAN, serta kerja sama inisiatif global dalam pertukaran informasi secara otomatis terkait perpajakan.

Terkait kepabeanan, ASEAN berencana mengembangkan operasional ASEAN Single Windows dalam rangka mendorong digitalisasi proses kepabeanan, serta akan segera melakukan piloting skema ASEAN Custom Transit System yang dapat memfasilitasi pergerakan barang transit.

Baca Juga: Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya
Ini Jenis Ekspor Jasa yang Dikenai PPN Nol Persen

Dilansir humas Kemenkeu, pembiayaan bencana juga diangkat sebagai salah satu isu utama kerja sama ASEAN, dimana Menteri Keuangan ASEAN telah menyepakati ASEAN Disaster Risk Finance and Insurance (DRFI) fase 2 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wilayah dalam melakukan pengolahan data dan pemetaan profil risiko bencana di kawasan.

Inisiatif tersebut diharapkan dapat mendukung strategi pembiayaan bencana yang mulai dikembangkan oleh beberapa negara kawasan termasuk Indonesia dan penyelarasan dengan inisiatif pada tataran ASEAN+3 yang pada akhir tahun 2018 menyepakati pembentukan Southeast Asia Disaster Risk Insurance Facility (SEADRIF).

Berita Terkait

Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa
Nasabah Besar Takut 'Diintip' Petugas Pajak, ini Kata Menkeu Nasabah Besar Takut 'Diintip' Petugas Pajak, ini Kata Menkeu
Sri Mulyani: Jangan Pecah Saldo Rekening, Percuma! Sri Mulyani: Jangan Pecah Saldo Rekening, Percuma!

#Sri Mulyani #Gubernur BI #ASEAN #Pertemuan #pajak #Perdagangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar