Kemenperin Terus Perluas Pasar Industri Kerajinan

Ilustrasi kerajinan (Pxhere)

Arah - Sebanyak 52 pelaku usaha kerajinan dari kota/kabupaten se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti pameran. Peserta pameran menempati 42 stan yang tersedia dengan menampilkan berbagai kerajinan fesyen batik dan nonbatik, kayu, logam, perak, anyaman, kulit, aksesori, serta makanan olahan dalam kemasan.

“Masa depan industri kreatif cukup menjanjikan dan dapat menjadi sumber ekonomi dengan nilai yang tinggi, karena dalam industri ini terdapat konten gagasan, seni, inovasi, teknologi, serta kekayaan intelektual,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Industri kerajinan memberikan peluang bagi pelaku usaha, terutama di sektor industri kecil dan menengah (IKM) karena potensinya cukup besar dan bisnisnya masih proskpektif. Salah satu yang menjadi konsen pemerintah adalah peningkatan penjualan produk industri kerajinan dari seluruh nusantara, agar bisa juga diterima di pasar internasional.

Baca Juga: Syarat Negara Maju Jumlah Entrepreneur Lebih dari 14 Persen
Ini Hasil Pertemuan Menkeu dan Gubernur Bank Sentral se-ASEAN

Langkah srategis pemerintah, yakni memperluas pasar domestik, ekspor maupun digital. Upaya tersebut didorong karena IKM merupakan tulang punggung pembangunan ekonomi dan industri di Indonesia.

Pemeran yang mengusung tema “Kerajinan Jogja Istimewa 2019 berlangsung di Plasa Pameran Industri, Gedung Kemenperin RI, Jakarta, 9-12 April 2019. Kegiatan ini diinisiasi Dewan Kerajinan Nasional Tingkat Daerah (Dekranasda) DIY.

Wakil Ketua Dekranasda DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam berharap, dengan digelarnya pameran ini. produk kerajinan Yogyakarta lebih dikenal di masyarakat luas.

“Karena produk-produk Jogja itu masih perlu promosi, padahal produknya bagus-bagus sekali,” katanya.

Berita Terkait

Mirip Sutra, Bemberg Dikenalkan ke IKM Batik dan Tenun Mirip Sutra, Bemberg Dikenalkan ke IKM Batik dan Tenun
Nilai Ekspor Produk Kriya Nasional Terus Meningkat Nilai Ekspor Produk Kriya Nasional Terus Meningkat
Kemenperin Akan Sampaikan Target Pertumbuhan Industri 2018 Kemenperin Akan Sampaikan Target Pertumbuhan Industri 2018

#kerajinan #pameran #Kemenperin #Industri Kecil Menengah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar