Kepala BNPB Ajak Mendikbud Kurangi Limbah Plastik

Ilustrasi limbah plastik (Pxhere)

Arah - Upaya mengurangi limbah plastik terus digaungkan. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy untuk menggunakan botol minum dalam rangka mengurangi limbah plastik.

Ajakan itu disampaikan Doni secara spontan dalam kunjungan audiensi bersama Mendikbud terkait kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang akan digelar pada 26 April 2019.

Muhadjir merespon positif ajakan Kepala BNPB. Menurutnya, apa yang dilakukan Doni sangat menginspirasi dan patut dicontoh.

Selama ini, lanjut dia, dirinya selalu menyiapkan botol minum saat di kantor maupun di dalam mobilnya.

"Ini contoh yang bagus. Kita bisa mengurangi limbah plastik dan tentunya mengurangi bahaya racun yang terkandung di dalam plastik itu sendiri. Saya juga selalu siaga, bahkan di dalam mobil saya juga ada," ungkap Muhadjir dilansir bnpb.go.id.

Kepala BNPB selalu membawa botol minum di setiap aktivitasnya. Apa yang dilakukan Doni merupakan salah satu bagian dari apa yang selama ini terus dikampanyekan bersama dengan tagline "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita".

Dikatakan Doni, Indonesia masuk kategori darurat sampah plastik. Indonesia tercatat menjadi pencemar sampah plastik terbesar kedua setelah Tiongkok.

Baca Juga: Efektifkah Kebijakan Kantong Plastik Berbayar?
2.900 Sedotan Plastik Terkumpul pada Hari Bumi

Setiap tahun sekitar tiga juta ton sampah plastik masuk ke lautan Indonesia. Sampah plastik tersebut selain mencemari lingkungan juga membuat kehidupan ekosistem laut terancam.
Beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia juga banyak dipengaruhi karena kebiasaan masyarakat membuang sampah jenis plastik ke sungai dan laut.

Penggunaan botol minum diharapkan mampu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap produk plastik sehingga dapat mengurangi limbah yang dapat mencemari dan merusak lingkungan.

Berita Terkait

Efektifkah Kebijakan Kantong Plastik Berbayar? Efektifkah Kebijakan Kantong Plastik Berbayar?
Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu
2.900 Sedotan Plastik Terkumpul pada Hari Bumi 2.900 Sedotan Plastik Terkumpul pada Hari Bumi

#Limbah Plastik #sampah plastik #bahaya plastik #BNPB #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar