Mahfud Jawab Pertanyaan Netizen Seputar Pemilu

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (wikipedia)

Arah - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md mengatakan sah-sah saja jika seseorang mendeklarasikan diri sebagai presiden berdasarkan hasil hitungan sendiri asalkan tidak melakukan aktivitas kepresidenan.

Pernyataan Mahfud disampaikan melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd menjawab pertanyaan netizen, Sabtu (20/4/2019).

Pertanyaan yang diajukan netizen kepada Mahfud, apakah Undang Undang memperbolehkan orang mendeklarasikan diri sebagai presiden di negara berdaulat, sedangkan negara tersebut memiliki presiden yang sah menurut Undan Undang.

"Kalau mendeklarasikan diri sebagai Presiden terpilih berdasar hasil hitungan sendiri boleh saja, itu tak melanggar hukum, asalkan tidak melakukan aktivitas Kepresidenan (melakukan pemerintahan) sebelum dinyatakan menang secara sah oleh KPU dan bersumpah secara resmi di depan Sidang MPR," tulis Mahfud.

Baca Juga: Kesalahan Entri Data Pemilu, KPU: Murni Human Error
Usai Pemilu 2019, Industri Manufaktur Diproyeksi Moncer

Selain itu Mahfud MD juga menanggapi pertanyaan netizen terkait adanya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat bertugas, mulai dari sakit, hingga kecelakaan, karena kekelahan. Mahfud setuju jika hal itu dievaluasi.

"Setuju. Itu dulu kan keputusan MPR saat mebuat amandemen bahwa pemilu dilakukan serentak dengan 5 kotak. Berdasar dokumen dan kesaksian eks anggota-anggota PAH MPR itu MK mengabulkan. Sebenarnya istilah Serentak bisa ditafsir tak harus harinya sama, bisa saja dipisah. Kita bisa bahas lagi, termasuk threshold." 

Berita Terkait

Kesalahan Entri Data Pemilu, KPU: Murni Human Error Kesalahan Entri Data Pemilu, KPU: Murni Human Error
Demi Pemilu Damai, Kakek Ini Rela Jalan Kaki 549 Kilometer Demi Pemilu Damai, Kakek Ini Rela Jalan Kaki 549 Kilometer
Pengamat: Koalisi Partai Pengusung Kunci Menang di Pilpres 2019 Pengamat: Koalisi Partai Pengusung Kunci Menang di Pilpres 2019

#pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Mahfud MD #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar