Tips Sukses Bisnis Lewat Marketplace

Ilustrasi marketplace (Pxhere)

Arah - Di era digital seperti sekarang, kebutuhan untuk mempromosikan dan menjual produk secara online sudah menjadi keharusan bagi pelaku usaha. Salah satu cara yang efektif adalah bergabung dengan marketplace ternama dan terpercaya.

Marketplace tumbuh dan berkembang seiring dengan perilaku tren belanja online di masyarakat. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dengan marketplace.

Dengan memanfaatkan marketplace, Anda berpeluang menyasar pangsa pasar yang lebih luas. Berikut tips agar sukses dalam mengembangkan bisnis lewat marketplace:

1. Penamaan produk dengan tepat
Umumnya konsumen yang berbelanja secara online akan mencari produk melalui search engine. Karena itu, penamaan produk harus sesuai dengan mekanisme SEO. Sebaiknya penamaan produk tidak terlalu general tetapi juga tidak terlalu spesifik. Hindari memasukkan kode produk dengan sistem angka seperti di katalog.

2. Deskripsi jelas
Saat memilih berjualan di marketplace, akan ada banyak produk yang sama dengan produk Anda, bahkan mungkin dengan harga yang sedikit lebih murah. Karena itu, deskripsi yang jelas akan menjadi pembeda. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya misskomunikasi dengan konsumen.

Baca Juga: Ingin Omzet Penjualan Terus Naik, Ini Tipsnya
Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya

3. Asuransi dan Retur
Penerapan asuransi dan retur sifatnya opsional, dalam arti bisa Anda terapkan atau tidak tergantung kebutuhan. Jika produk Anda rentan rusak, sebaiknya berikan asuransi pengiriman dengan terlebih dulu berkonsultasi kepada jasa pengiriman. Sebelum transaksi, jelaskan kepada konsumen apakah toko Anda menyediakan fasilitas retur atau tidak. Ini untuk menghindari kemungkinan adanya komplain ketika terjadi kerusakan.

4. Harga bersaing
Sebagian besar konsumen tentu menginginkan harga murah atau paling tidak harga standar di pasaran saat membeli produk. Karena itu, Anda bisa menentukan harga produk dengan mengikuti harga pasar atau harga sendiri dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan.

5. Manfaatkan tren
Sebagian marketplace menyediakan fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk. Anda bisa mengamati hotlist produk unggulan yang sedang tren dan dicari orang. Sesuaikan produk yang akan Anda promosikan dengan yang sedang tren saat itu. Tentu saja Anda harus rajin menengok hotlist karena bisa berubah setiap saat.

6. Memiliki komitmen
Kepercayaan konsumen memegang peranan penting untuk sukses tidaknya bisnis Anda di masa depan. Karena itu, ketika konsumen memutuskan membeli produk Anda, berikan produk dengan kualitas terbaik, kemasan rapi dan pelayanan cepat sehingga nantinya mereka menjadi pelanggan.

7. Kreativitas
Kreativitas dibutuhkan dalam membangun kepercayaan konsumen sehingga mereka mau kembali membeli produk yang Anda tawarkan. Kreativitas untuk menyenangkan konsemen tidak selalu membutuhkan biaya mahal. Anda bisa memberikan sentuhan kecil, misalnya menuliskan ucapan terima kasih di setiap kemasan produk yang Anda jual.

Berita Terkait

Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis              Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis
Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya
Ingin Omzet Penjualan Terus Naik, Ini Tipsnya Ingin Omzet Penjualan Terus Naik, Ini Tipsnya

#Tips Usaha #tips bisnis #marketplace #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar