Kembangkan Bisnis, Ini Tips Jaring Pelanggan Baru

Media Sosial Facebook (Pxhere)

Arah - Ketika bisnis sudah mulai berjalan umumnya akan memiliki pelanggan. Tentu saja sedikit banyaknya pelanggan sangat tergantung dari perkembangan bisnis Anda.

Pelanggan merupakan faktor penting dalam bisnis baik barang maupun jasa. Dengan adanya pelanggan, bisnis Anda dapat bertahan, bersaing berkembang.

Setelah mendapatkan pelanggan, wajar jika Anda menginginkan jumlahnya terus bertambah. Namun yang perlu diingat, jangan sampai Anda fokus menjaring pelanggan baru tetapi melupakan pelanggan lama.

Berikut tips menjaring pelanggan baru tanpa melupakan pelanggan lama:

1. Memanfaatkan media sosial
Anda bisa memaksimalkan media sosial tidak hanya sebagai sarana promosi tetapi juga untuk mencari dan mempertahankan pelanggan. Media sosial sangat efektif untuk mencari pelanggan baru dan tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan lama.

Perluas jaringan bisnis Anda melalui berbagai media sosial untuk menarik pelanggan baru. Penting untuk selalu mengecek akun media sosial untuk memastikan Anda tetap dalam pergaulan pelanggan.

2. Networking di dunia nyata
Perkembangan teknologi di era digital memang sudah maju, namun membangun jaringan di dunia nyata perlu dilakukan. Apalagi dengan relasu yang sudah Anda kenal sebelumnya.

Jangan lupa membagikan kartu nama kepada setiap relasi yang Anda temui. Siapa tahu Anda akan mendapatkan pelanggan baru melalui mereka.

Baca Juga: Tips Jitu Memasarkan Produk Baru
Tips Sukses Bisnis Lewat Marketplace

3. Strategi marketing berbeda
Anda bisa menggunakan strategi pemasaran secara konvensional dan online sekaligus. Selain menggunakan teknologi seperti email marketing, Anda juga bisa memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut.

4. Partner bisnis
Mencari partner bisnis merupakan salah satu cara cepat untuk menarik pelanggan baru. Dengan menemukan partner bisnis yang tepat, Anda bisa bekerja sama untuk menjaring pelanggan baru.

5. Diskon atau hadiah
Cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan diskon atau hadiah untuk pembelian dengan minimal nominal tertentu. Misalnya dengan memberikan diskon atau hadiah kepada pelanggan yang sedang berulang tahun.

6. Kompetisi atau lomba
Membuat kompetisi atau lomba dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru. Anda bisa membuat kompetisi yang meminta orang mempromosikan bisnis Anda melalui akun media sosial dan membagikannya ke teman-teman mereka. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan umage positif bisnis Anda tetapi juga efektif untuk menjaring pelanggan baru.

Berita Terkait

Tips Jitu Memasarkan Produk Baru Tips Jitu Memasarkan Produk Baru
Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis              Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis
Butuh Modal Usaha, Ini Tips  Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan Butuh Modal Usaha, Ini Tips Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan

#Tips Usaha #tips bisnis #Media Sosial #strategi marketing #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar