MRT Mulai Terapkan Tarif Penuh, Ini Komentar Pengguna

Operasional komersial MRT Jakarta per 1 April 2019. (Dok.jakartamrt.co.id)

Arah -  Sejumlah penumpang Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta menilai tarif normal yang mulai diberlakukan mulai Senin (13/5/2019) masih wajar.

"Saya sih nggak apa-apa, oke saja (tarif normal). Karena kalau saya hitung pakai ojek online masih lebih mahal dari MRT,” ujar Nadia, salah satu penumpang ketika ditemui di Stasiun MRT Lebak Bulus, Senin pagi.

Nadia biasa menggunakan MRT dari Stasiun Lebak Bulus ke Stasiun Senayan untuk pergi bekerja dari rumahnya di Cinere, Depok, menuju kawasan SCBD. Sebelumnya, dia dikenakan tarif Rp5.000, kini tarifnya menjadi Rp10.000.

Menurut dia, MRT dengan tarif normal masih menjadi pilihan terbaik dibandingkan moda transportasi umum.

Sari, penumpang lainnya yang biasa menggunakan MRT untuk mobilisasi keseharian juga menganggap tarif normal MRT masih wajar.

“Tarif normal ini wajar sih ya. Bisa lebih cepat dan tidak makan waktu,” kata dia.

Baca Juga: ASN Palembang Wajib Gunakan Angkutan Umum Sehari dalam Sebulan
Mendarat Saat Badai, Pesawat Boeing 737 Tergelincir ke Sungai

Menurut Sari, tarif normal sebanding dengan pelayanan yang didapatkan, seperti ketepatan waktu pemberangkatan dan kebersihan stasiun.

Penumpang lain yang menggunakan MRT untuk bekerja, Sigit memberikan komentar senada mengenai pemberlakuan tarif normal MRT. Namun, menurut dia, akan lebih baik jika tarif yang dikenakan bisa terjangkau oleh semua kalangan.

“Bisa menghemat waktu sampai dua jam, jadi tarif sekarang buat saya masih wajar. Tapi kalau bisa subsidi juga soalnya enggak semua orang merasa ini ringan kayaknya,” kata Sigit.

Sejak resmi dibuka secara komersil pada 1 April 2019 hingga 12 Mei 2019, PT MRT Jakarta menerapkan tarif promo setengah harga dari tarif normal.

Misalnya, untuk pemberangkatan awal di Stasiun Bundaran HI menuju pemberhentian akhir di Stasiun Lebak Bulus, tarif promo sebelumnya adalah Rp7.000. Sementara kini, dengan tarif normal, besarannya menjadi Rp14.000.

Berita Terkait

YLKI: Agar Kinerja MRT Optimal Perlu Didukung Langkah Strategis  YLKI: Agar Kinerja MRT Optimal Perlu Didukung Langkah Strategis
Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I
Jakpro: Pembangunan LRT Sudah 63 Persen Selesai Jakpro: Pembangunan LRT Sudah 63 Persen Selesai

#MRT Jakarta #tarif #penumpang #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar