Amalia Perempuan Muda Penyelamat Bekantan

Dosen pendidikan biologi ULM sekaligus penyelamat satwa bekantan Amalia Rezeki. (Antaranews Kalsel/ist/imm)

Arah - Hari-harinya dihabiskan untuk mencetak calon "pejuang tanpa tanda jasa" dan dilakukan seorang wanita muda sejak 2014. Cita-citanya ingin mendapatkan amal sholeh dengan cara membagikan ilmu kepada mahasiswa.

Adalah Amalia Rezeki dosen Fakultas Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat, tidak ingin waktu luangnya habis begitu saja. Dia ingin memanfaatkan modal waktu yang telah diberikan Allah kepadanya menjadi berlipat-lipat manfaatnya melalui kecintaannya kepada sesama, lingkungan dan mahkluk lain, seperti Bekantan.

Sebagai seorang dosen biologi, kecintaan Amalia terhadap Bekantan (Nasalis larvatus), satwa berhidung mancung itu sudah tak perlu diragukan lagi. Sebagian besar hidupnya didedikasikan untuk melestarikan dan melindungi Bekantan yang juga sebagai ikon kebanggaan Kalimantan Selatan.

Amalia adalah perempuan pertama di Indonesia yang mendedikasikan diri dengan sungguh-sungguh dan konsisten sejak lima tahun terakhir melindungi bekantan dari kepunahan. Untuk mendukung upayanya tersebut, Amalia mendirikan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), dengan misi Selamatkan Bekantan (save Bekantan).

Usahanya ini tidak terlepas dari pembinaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, melalui BKSDA Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Kisah Atlet Cantik Jepang Melawan Leukemia
Tips Memilih Buah Kurma Berkualitas untuk Buka Puasa

Dedikasinya pada pelestarian Bekantan, bukan untuk sebuah apresiasi, melainkan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara, keilmuan serta keimanan sebagai khalifah dimuka bumi dan untuk keberlanjutan generasi mendatang.

"Sebagai spesies kunci, menyelamatkan Bekantan bagi kami, adalah menyelamatkan Planet bumi ini," ujar Amalia yang juga mahasiswa semester akhir program doktoral lingkungan dari Universitas Lambung Mangkurat.(ant)

Berita Terkait

Pemprov DKI Siagakan 3000 Petugas Satpol PP di Lokasi Banjir Pemprov DKI Siagakan 3000 Petugas Satpol PP di Lokasi Banjir
Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq

#bekantan #pecinta satwa #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar