Perolehan Kursi Turun, Demokrat Terima Hasil Pemilu 2019

Dok Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (Dok.arah.com)

Arah - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan pada prinsipnya menerima hasil pemilu legislatif 2019.meski perolehan suara dan kursi partainya di parlemen menurun. Demokrat tetap mewadahi permohonan para caleg untuk melakukan gugatan ke MK jika merasa dirugikan di dapilnya masing-masing, tetapi hal itu tidak menghalangi sikap Demokrat untuk menerima hasil Pemilu 2019.

"Bersamaan dengan itu Partai Demokrat juga mengucapkan selamat kepada partai-partai politik yang memiliki perolehan kursi di DPR yang lebih banyak dibandingkan Pemilu 2014," ujar SBY dalam videonya.

Di bagian akhir videonya, SBY menyampaikan pesan bahwa Demokrat melihat banyak permasalahan yang terjadi dalam Pemilu 2019. Karena itu dengan niat dan tujuan yang baik serta dilandasi kecintaan kepada demokrasi dan pemilu yang semakin baik, Demokrat akan menuntaskan evaluasi menyeluruh terhadap pemilu 2019.

Baca Juga: KPU Siap Hadapi Gugatan BPN Prabowo-Sandi
BPN Prabowo-Sandi Putuskan Ajukan Gugatan Pilpres ke MK

Hasil evaluasi akan diserahkan kepada negara, pemerintah termasuk lembaga penyelenggara pemilu agar Pemilu 2024 dapat lebih berkualitas dan lebih demokratis serta lebih damai, jujur dan adil.

Hasil evaluasi itu, kata SBY, merupakan pandangan dan saran Demokrat untuk perbaikan dan penyempurnaan Pemilu 2024 mendatang yang mencakup sistem, undang-undang dan aturan pemilu yang lebih tepat, serta pelaksanaan kampanye dan pemungutan suara termasuk penghitungannya yang lebih kredibel, akuntabel, dan transparan.(ant)

Berita Terkait

Soal Mobil,Partai Demokrat: Istana Membuat SBY Dimaki di Medsos Soal Mobil,Partai Demokrat: Istana Membuat SBY Dimaki di Medsos
Demokrat: Kalau SBY Tampil Dimuka Umum, Pemerintah Jangan Sewot! Demokrat: Kalau SBY Tampil Dimuka Umum, Pemerintah Jangan Sewot!
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela

#Susilo Bambang Yudhoyono #Partai Demokrat #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar