Iran Klaim Bisa Tenggelamkan Kapal Perang Amerika Serikat

Ilustrasi rudal (Pxhere)

Arah -  Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menilai langkah Amerika Serikat mengirim pasukan ke Timur Tengah setelah menuduh Teheran menjadi otak di balik serangan tangker di kawasan sangat berbahaya perdamaian dunia.

"Memperkuat kehadiran AS di kawasan kami sangat berbahaya sekaligus mengancam perdamaian dan keamanan internasional, dan ini harus diatasi," demikian Kantor Berita IRNA mengutip Menteri Zarif, Sabtu (25/5/2019).

Amerika Serikat pada Jumat mengumumkan pengerahan 1.500 pasukan ke Timur Tengah sebagai upaya memperkuat pertahanan terhadap Teheran saat setelah menuduh Pengawal Revolusi Iran (IRGC) bertanggung jawab langsung atas serangan tangker di perairan Uni Emirat Arab bulan ini.

Pejabat militer Iran dilansir Kantor Berita Mizan, Sabtu, menegaskan dapat menenggelamkan kapal perang Amerika Serikat yang dikerahkan ke kawasan Teluk dengan menggunakan rudal dan "senjata rahasia".

"Amerika sedang mengerahkan dua kapal perang ke kawasan. Jika mereka melakukan kebodohan sekecil apapun, kami akan menenggelamkan kapal-kapal itu ke dasar laut beserta kru dan pesawat mereka dengan menggunakan dua rudal atau dua senjata rahasia baru," tegas penasihat komando militer Iran, Jenderal Morteza Qorbani kepada Mizan.

Baca Juga: Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Drone
Saudi Sambut Keputusan AS Keluar dari Kesepakatan Nuklir Iran

Tindakan AS tersebut merupakan yang terbaru dari pemerintahan Trump saat menyoroti apa yang dilihatnya sebagai ancaman serangan potensial dari Iran sekaligus menyusul keputusan mempercepat pengerahan pesawat carrier strike group (CSG), pembom dan rudal Patriot tambahan ke Timur Tengah.

Para pakar Barat berpendapat Iran kerap melebih-lebihkan kemampuan senjata mereka, meskipun ada kekhawatiran tentang program rudal miliknya, terutama rudal balistik jarak jauh.

Berita Terkait

Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Drone Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Drone
Presiden Iran Minta Serangan Senjata Kimia di Suriah Diselidiki Presiden Iran Minta Serangan Senjata Kimia di Suriah Diselidiki

#iran #Amerika Serikat #Timur Tengah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar