Soetrisno Bachir: PAN Lebih Banyak Maslahatnya Jika Gabung Jokowi

Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional, Soetrisno Bachir (Foto: Dok.Arah.com/Harry Muthahhary)

Arah - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Soetrisno Bachir mendukung jika partai berlambang matahari itu bergabung dengan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Menurut Soetrisno, bergabung dengan kubu Jokowi akan lebih banyak memberikan maslahat bagi PAN.

Soetrisno juga menanggapi kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat (PD) ke kubu Jokowi. Dia melihat itu sebagai hal positif karena jika PAN dan Demokrat bergabung akan membantu Jokowi-Ma'ruf.

"Apakah PAN dan Demokrat bergabung, saya lihat banyak maslahatnya dibandingkan mudaratnya," ujar Soetrisno usai menghadiri tasyakuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Graha Saba Buana, Solo, Sabtu (25/5/2019) malam.

Soetrisno melihat kemungkinan PAN bergabung dengan kubu Jokowi sangat besar. Apalagi PAN pernah melakukannya pada pertengahan masa pemerintahan periode pertama Jokowi.

"Bergabung dengan kabinetnya Pak Jokowi, sangat mungkin. Karena dulu pada pertengahan pemerintahan periode pertama PAN pernah bergabung dengan Pak Jokowi. Waktu itu, saya yang mengantarnya," ungkap Soetrisno.

Soetrisno yang kini menjabat Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) meyakini jika kedua partai itu bergabung, kabinet juga akan semakin kuat.

"Kalau kabinet kuat tentu perekonomian akan tumbuh semakin cepat. Tapi satu, niatnya bukan bagi-bagi kue kekuasaan tapi untuk membangun percepatan ekonomi kita ini," jelasnya.

Dia menambahkan meski banyak partai yang mendukung pemerintahan Jokowi, keberadaan oposisi tetap diperlukan.

"Katakanlah keberadaan oposisi itu akan mengingatkan, dan mengkritisi apa yang dilakukan pemerintah," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Membuka Diri Bertemu Prabowo untuk Dinginkan Suasana
KPU Pelajari Pokok Permohonan 326 Gugatan Pemilu ke MK

Pada kesempatan itu, Soetrisno meminta relawan Jokowi menjadi motor penggerak perdamaian pasca-Pemilihan Presiden 2019. Para relawan diharapkan dapat merangkul mereka yang sebelumnya berbeda pilihan untuk diajak bersama-sama membangun Indonesia.

"Relawan Jokowi di Solo merupakan pusatnya, sehingga menjadi panutan di tempat lain," kata Soetrisno.

Posisi para relawan yang berhubungan langgsung dengan masyarakat diharapkan dapat merangkul mereka yang semula berbeda pilihan. Sebab jika tidak dirangkul dikhawatirkan pembangunan menjadi tidak maksimal.

"Mari bersama-sama membangun kembali, kan pemilu itu lima tahunan. Persatuan dan kesatuan dinilai lebih penting dan dikedepankan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," pungkasnya.

Berita Terkait

Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan Inflasi Jakarta Rendah Karena Turunnya Harga Makanan
Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir Soal Dana Kampanye, Timses Paslon Pilgub DKI Saling Sindir
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen

#Soetrisno Bachir #PAN #jokowi-ma'ruf #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar