Studi: Orang Mungkin Telan Plastik Setara Kartu ATM Per Pekan

Ilustrasi air minum (Pexels)

Arah - Polusi plastik telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Bahkan mungkin orang yidak sadar telah menelan 5 gram plastik setiap pekannya atau setara dengan mengkonsumsi satu kartu kredit. Demikian hasil studi yang diprakarsai badan amal lingkungan WWF Internasional.

Studi yang dilakukan Universitas Newcastle Australia itu menyebutkan sumber terbesar plastik yang tertelan berasal dari air minum. Sumber utama lainnya adalah kerang yang cenderung dimakan utuh sehingga plastik dalam sistem pencernaan kerang ikut termakan. 

"Sejak 2000, dunia telah menghasilkan plastik sebanyak tahun-tahun sebelumnya yang digabungkan, sepertiganya menyerap ke alam," kata laporan itu.

Baca Juga: Akankah Konferensi Palestina Versi AS Sukses Wujudkan Perdamaian?
KPK Fokus Telusuri Aset Sjamsul Nursalim

Dari air saja, menurut laporan itu, rata-rata per orang kemungkinan menelan 1.769 partikel plastik setiap pekannya. Jumlah polusi plastik bervariasi tergantung pada lokasi yang didasarkan pada kesimpulan dari 52 studi lainnya.

Di Amerika Serikat, 94,4 persen sampel air ledeng mengandung serat plastik, dengan rata-rata 9,6 serat per liter. Sementara air di Eropa tidak begitu tercemar, dengan serat terlihat hanya dalam 72,2 persen sampel air dan hanya 3,9 serat per liter.(Reuters/Antara)
 

Berita Terkait

Efektifkah Kebijakan Kantong Plastik Berbayar? Efektifkah Kebijakan Kantong Plastik Berbayar?
Kepala BNPB Ajak Mendikbud Kurangi Limbah Plastik  Kepala BNPB Ajak Mendikbud Kurangi Limbah Plastik
Mayarakat Jakarta Diajak Puasa Plastik Selama Ramadan Mayarakat Jakarta Diajak Puasa Plastik Selama Ramadan

#Limbah Plastik #sampah plastik #bahaya plastik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar