Kapolri Sebut Ada 8 Perwira Tinggi Akan Daftar Capim KPK

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (Foto:Dok.Arah.com/Muhamad Ridwan)

Arah - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut sejauh ini delapan perwira tinggi aktif berminat mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

"Sudah ada beberapa nama yang menyampaikan keinginannya untuk maju di Asisten SDM, ada delapan, masih terbuka kesempatan, karena pembukaannya tanggal 17-4 Juli, masih ada waktu," ujarnya usai menerima Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 di Gedung Mabes Polri, Jakarta, dilansir Antara Kamis (13/6/2019).

Dalam kesempatan yang masih terbuka, Tito mendorong perwira tinggi aktif lainnya untuk mendaftarkan diri sebagai capim KPK. Namun, Kapolri mengingatkan untuk mengecek sendiri rekam jejaknya sebelum mendaftar serta menyiapkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

"Ini menentukan, di samping tentunya kompetensi-kompetensi pengalaman di reserse, pernah menangani kasus korupsi lebih bagus. Tentu ada tes yang lain ya, kesiapan tes kesehatan, baik fisik mau pun psikis," kata Tito.

Baca Juga: MK Berharap Dua Paslon Hadiri Sidang Sengketa Hasil Pilpres
Jelang Sidang MK, Kapolda Jabar Imbau Warga Tak ke Jakarta

Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK periode 2019-2023 Yenti Ganarsih mengatakan pertemuannya dengan Kapolri untuk mengundang capim dari kepolisian untuk mendaftar.

"Saya sampaikan bahwa di dalam undang-undang itu jelas disampaikan bahwa komisioner KPK terdiri dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat," kata Yenti.

Dia meminta masukan langsung dari Kapolri sekaligus untuk mengetahui hubungan antarlembaga penegak hukum terhadap penanganan tindak pidana korupsi.(ant)

Berita Terkait

Ini 9 Nama Panitia Seleksi Pimpinan KPK Ini 9 Nama Panitia Seleksi Pimpinan KPK
Pansel Dorong Kalangan Internal Daftar Capim KPK Pansel Dorong Kalangan Internal Daftar Capim KPK
Presiden Jokowi Persilakan KPK Proses Hukum Dua Menterinya Presiden Jokowi Persilakan KPK Proses Hukum Dua Menterinya

#Pansel KPK #kpk #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar