Kemenangan Brasil dan Sejarah 'Kutukan' Jersey Warna Putih

Copa America 2019 di Brasil. (wikimedia)

Arah - Tuan rumah Brasil memulai perjalanannya di Copa America 2019 dengan kemenangan. Meski tak diperkuat bintang Paris Saint Germain (PSG) Neymar, Brasil tetap meraih kemenangan telak 3-0 atas Bolivia di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brazil, Sabtu (15/6/2019) pagi WIB.

Dus gol Philippe Coutinho dan satu lainnya dari Evwrton yang masuk sebagai pemain pengganti memastikan Tim Samba meraih 3 poin. Selain kemenangan, ada hal lain yang menjadi perhatian, yakni kostum skuat Selecao. Pada laga kontra Bolivia, anak asuh Tite mengenakan kaus putih untuk pertama kalinya setelah hampir hampir 70 tahun. 

Di dunia sepakbola modern sebuah kerap mengenakan tiga jersey. Sebagian dari tim di dunia mengenakannya tanpa mengaitkannya dengan  tradisi atau sejarah mereka.

Brasil termasuk salah satu tim yang menganggap penting pemilihan warna jersey yang akan dikenakan dalam pertandingan. Brazil dengan sengaja menghindari mengenakan jersey warna putih di laga kompetitif sejak 1957.

Mungkin bagi tim lain, warna putih hanya menjadi detail kecil, tapi bagi Brasil hal itu identik dengan kegagalan. Brasil mengenakan jersey warna putih saat dikalahkan Uruguay pada final Piala Dunia 1950 di kandang sendiri. Mereka juga dikalahkan Paraguay pada final Kejuaraan Amerika Selatan 1953, kompetisi pendahulu Copa America.

Rentetan catatan buruk tersebut membuat pengurus Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) menggelar kontes desain baru jersey timnas. Dari sana lahir warna kuning yang menjadi warna kebesaran Brasil hingga sekarang.

Baca Juga: Frank Lampard Favorit Gantikan Sarri Jadi Manajer Chelsea
Lawan Vanuatu, Simon McMenemy Tak Akan Ubah Skema Bermain

Sejak mengenakan jersey warna kuning sebagai warna utama, Brasil telah lima kali menjuarai Piala Dunia. Koleksi Piala Dunia Brasil yang terbanyak dan belum dapat disamai negara lain.

CBF mengungkapkan alasan memilih kembali mengenakan jersey warna putih daat melawan Bolivia. Menurut CBF, hal itu sebagai penghormatan kepada tim Brasil 1919 yang untuk pertama kalinya menjadi kampiun Kejuaraan Amerika Selatan.

Pemilihan warna putih mungkin berisiko di negara yang sangat percaya takhayul seperti Brazil. Namun ada satu fakta sejarah yang menguntungkan Brasil. Negara ini telah empat kali menjadi tuan rumah Copa America, dan selalu menjadi juara terlepas dari warna jersey yang dikenakannya.

Berita Terkait

Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa Asian Games : Bhin-bhin, Atung, Ika Mulai Menyapa
DKI Akan Terbitkan Perda Larangan Penggunaan Air Tanah DKI Akan Terbitkan Perda Larangan Penggunaan Air Tanah
Mesin Tapping OK-OTrip Mulai Dipasang Dalam Bus Jakarta Mesin Tapping OK-OTrip Mulai Dipasang Dalam Bus Jakarta

#Copa America #Brasil #Bolivia #copa america 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar