5 Komisioner KPU Palembang Jadi Tersangka Pidana Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (Dok.KPU)

Arah - Polresta Palembang resmi menetapkan lima komisioner KPU Kota Palembang sebagai tersangka tindak pidana pemilu. Penetapan status tersangka setelah penyidik menerima laporan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Palembang dengan tanda bukti lapor No.Pol:LPB/1105/V/2019/SUMSEL/RESTA, pada (22/5/2019).

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Yon Edi Winara, Sabtu, mengatakan kelimanya adalah EF sebagai Ketua KPU Palembang serta komisioner KPU Al, YT, AB dan SA.

"Iya sudah ditetapkan tersangka sejak Selasa (11/6/2019), nanti diperiksa lebih lanjut," ujar Kompol Yon kepada Antara.

Status tersangka ditetapkan setelah polisi memeriksa 20 orang dari pelapor dan saksi ahli. Hasilnya lima komisioner KPU Palembang diduga telah melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu sebagaimana dimaksud dalam primer Pasal 510 subsider Pasal 554 UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca Juga: PKS Apresiasi Pernyataan Ketua MK di Sidang Sengketa Pilpres
MK Tegaskan Tak Ada Ancaman terhadap Hakim Konstitusi

Dugaan lainnya tindak pidana dengan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya pada Pemilu Susulan Pilpres di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Ilir Timur II Palembang.

"Semuanya belum ditahan, nanti akan diperiksa lagi sebagai tersangka," kata Kompol Yon.

Berita Terkait

Rekapitulasi Suara Nasional Pilpres 2019 Rampung, Ini Hasilnya   Rekapitulasi Suara Nasional Pilpres 2019 Rampung, Ini Hasilnya
Fokus Cegah Politik Uang di Masa Tenang, Baswaslu Rangkul KPK Fokus Cegah Politik Uang di Masa Tenang, Baswaslu Rangkul KPK
Muhammadiyah: Beri Kesempatan Penyelenggara Pemilu Bekerja Muhammadiyah: Beri Kesempatan Penyelenggara Pemilu Bekerja

#Pemilu 2019 #pilpres 2019 #kpu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar