MK Gelar Rapat Permusyawaratan Hakim Perkara Sengketa Pilpres

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (tengah) memimpin sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Sidang PHPU Pilpres 2019 itu akan dilanjutkan pada Selasa (18/6/2019) dengan agenda mendengar jawaban termohon, keterangan pihak terkait dan Bawaslu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj).

Arah -Setelah menyelesaikan sidang pemeriksaan perkara sengketa Pilpres 2019, hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH). Dijadwalkan RPH yang digelar tertutup akan berlangsung hingga Kamis (27/6/2019).

"RPH hari ini digelar jam 9 dan sedang berlangsung. RPH sifatnya tertutup, jadi hanya hakim konstitusi dan pegawai tersumpah yang ada dalam ruangan RPH," ujar Juru Bicara MK Fajar Laksono di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Fajar menjelaskan hal yang dibahas dalam RPH berkaitan dengan proses sidang sengketa Pilpres, termasuk alat bukti yang diajukan dalam persidangan hingga pengambilan putusan.

"Termasuk sampai pengambilan putusan, termasuk membahas kalimat per kalimat yang akan dituangkan dalam putusan MK nanti," katanya.

Baca Juga: Sofyan Basir Akan Jalani Sidang Perdana Kasus Suap PLTU Riau-1
Presiden Jokowi Ingatkan Dampak Perang Dagang AS-Cina

Sidang putusan sengketa Pilpres dijadwalkan akan dibacakan pada 28 Juni. Namun bila RPH rampung lebih cepat dari jadwal, hakim konstitusi diperbolehkan mengambil keputusan percepatan jadwal sidang putusan.

"Tergantung nanti bagaimana majelis hakim apakah memang dianggap cukup oleh beliau beliau, ya bisa saja putusan dipercepat. Tetapi sampai sejauh ini masih sesuai agenda 28 Juni," jelasnya.

Berita Terkait

Sidang di MK, Ahli Sebut Ada Kesalahan Input Data Situng KPU     Sidang di MK, Ahli Sebut Ada Kesalahan Input Data Situng KPU
MK Tolak Permintaan Tim Hukum Prabowo Agar Saksi Dilindungi LPSK MK Tolak Permintaan Tim Hukum Prabowo Agar Saksi Dilindungi LPSK
Sidang MK Dengarkan Keterangan Saksi dan Saksi Ahli Pemohon      Sidang MK Dengarkan Keterangan Saksi dan Saksi Ahli Pemohon

#sengketa pemilu #Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Mahkamah Konstitusi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar