Fakta Soal Nurul Qomar dan Kasus Dugaan Pemalsuan Ijazah

Pelawak Nurul Qomar (youtube)

Arah - Komedian Nurul Qomar alias Qomar harus berurusan dengan pihak berwajib karena diduga memalsukan ijazah. Qomar dijemput paksa petugas kepolisian Polres Brebes dari kediamannya di Cirebon, Jawa Barat setelah dua kali mangkir dari pemeriksaan.

Sebelumnya Qomar telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan ijazah. Polisi menduga ijazah palsu itu digunakan Qomar untuk maju sebagai rektor Universitas Muhadi Setiabudo (Umus).

Berikut fakta tentang Nurul Qomar dan kasus ijazah palsu yang menjeratnya;

1. Dari komedian ke politikus
Nama Qomar mulai dikenal masyarakat ketika meniti karir sebagai pelawak. Bersama Derry, Eman dan Ginajar, Qomar membentuk grup lawak Empat Sekawan yang pernah berjaya di era 1990-an.

Setelah lama berkiprah dunia hiburan sebagai komedian, Qomar memutuskan terjun ke dunia politik. Lewat Partai demokrat, Qomar terpilih menjadi anggota DPR periode 2004-2009 yang kemudian berlanjut ke periode 2009-2014.

Qomar sempat mencalonkan diri sebagai Bupati Cirebon pada Pilkada 2013, namun gagal. Begitu pula saat kembali mencalonkan diri sebagai wakil bupati pada Pilkada 2018.

2. Kasus ijazah palsu
Qomar terpilih Rektor Universitas Muhadi Setiabudi, Brebes periode 2017-2021 setelah maju dalam pencalonan. Namun dalam perjalanannya, dia mengundurkan diri karena ada masalah internal kampus.

Setelah mengundurkan diri, Qomar dilaporkan pihak kampus ke polisi. Dia dituduh memalsukan surat keterangan lulus untuk gelar S-2 dan S-3 untuk kelengkapan pencalonan rektor.

Polisi menindaklanjuti laporan itu dan kemudian menetapkan Qomar sebagai tersangka pemalsuan ijazah S-2 dan S-3. Qomar disangkakan Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Baca Juga: Divonis 5 Bulan Penjara, Kapan Vanessa Angel Bebas?
Ini Panduan Pertama Turunkan Risiko Demensia dari WHO

3. Alasan kesehatan, Qomar dibebaskan sementara
Qomar dibebaskan berdasarkan rekomendasi Biddokes Polres Brebes. Hasil pemeriksaan tensi darah Qomar cukup tinggi. Selain itu dia juga diketahui memiliki riwayat sakit asma, 

Berita Terkait

DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang
Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI Cium Aroma Adu Domba, Rizieq Sebut Umat Islam Difitnah Anti NKRI
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam

#Nurul Qomar #Pemalsuan #Komedian #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar