MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Sandi

Mahkamah Konstitusi (mahkamahkonstitusi.go.id)

Arah - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan capres Prabowo Subianto-cawapres Sandiaga Uno. Hakim Mahkamah menyatakan permohonan Prabowo-Sandi tidak beralasan menurut hukum.

"Dalam pokok permohonan, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Anwar Usman saat membacakan amar putusan dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6/2019) malam.

Dalam putusannya, MK menolak semua dalil permohonan Prabowo-Sandiaga karena pemohon tidak bisa membuktikan dalil permohonannya dan hubungannya dengan perolehan suara. Dengan demikian Jokowi-Ma;ruf tetap menjadi pemenang Pilpres 2019. 

Baca Juga: MK: Dalil Kemenangan 52 Persen Prabowo-Sandi Tak Lengkap
MK Tegaskan Pelanggaran TSM Merupakan Wewenang Bawaslu

Hakim Mahkamah menolak dalil kubu Prabowo-Sandi soal money politics atau vote buying, penyalahgunaan anggaran, ketidaknetralan aparat, dugaan pengerahan pejabat negara dan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan paslon 01. MK menyatakan permasalahan tersebut telah diproses Bawaslu.

Sementara dalil adanya TPS siluman dinilai tidak jelas. Dalil tersebut tidak disertai bukti yang menunjukkan dengan jelas TPS siluman yang dimaksud. Begitu juga dalil tim hukum 02 soal 17,5 juta daftar pemilih tetap (DPT) tidak wajar ditambah daftar pemilih khusus (DPK) 5,7 juta tidak wajar yang mengakibatkan penggelembungan suara bagi pasangan 01, menurut MK tidak terbukti.

Berita Terkait

MK Seratus Persen Siap Adili Sengketa Hasil Pilpres 2019 MK Seratus Persen Siap Adili Sengketa Hasil Pilpres 2019
Sidang di MK, KPU Tolak Perbaikan Permohonan Prabowo-Sandi Sidang di MK, KPU Tolak Perbaikan Permohonan Prabowo-Sandi
MK Tegaskan Tak Ada Ancaman terhadap Hakim Konstitusi MK Tegaskan Tak Ada Ancaman terhadap Hakim Konstitusi

#pilpres 2019 #Mahkamah Konstitusi #sengketa pemilu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar