KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden-Wapres 2019-2014

Ketua KPU Arief Budiman menyerahkan salinan Keputusan KPU tentang Penetapan Paslon Presiden dan Wapres Terpilih Pemilu 2019 kepada Paslon Terpilih Jokowi dan Ma’ruf Amin, di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (30/6) sore. 

Arah - Komisi Pemiliham Umum (KPU) resmi menetapkan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Penetapan melalui rapat pleno terbuka KPU dilakukan tiga hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua KPU Arief Budiman membacakan penetapan tersebut dalam rapat pleno terbuka KPU di Gedung KPU, Minggu (30/6/2019).

"Menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Nomor Urut 01, saudara Ir H Joko Widodo dan Saudara Prof Dr HC KH Ma'ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 85.607.362 suara atau 55,50 persen dari total suara sah nasional sebagai Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode Tahun 2019," ujarnya.

Baca Juga: Agenda Rapat Pleno KPU Penetapan Presiden-Wapres Terpilih
Andi Arief Sebut Tak Akan Ada Oposisi Tapi Potensi Monoritas

Dengan penetapan ini, Jokowi akan menjabat sebagai presiden untuk kali kedua. Keputusan KPU tersebut mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan yakni 30 Juni 2019. Sementara pelantikan akan dilakukan pada Oktober 2019.

Eapat pleno terbuka ini juga dihadiri Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja. Sedangkan, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak hadir dan diwakili saksi kubu 02.

Berita Terkait

Agenda Rapat Pleno KPU Penetapan Presiden-Wapres Terpilih    Agenda Rapat Pleno KPU Penetapan Presiden-Wapres Terpilih
Istilah 'Provinsi Garis Keras' Jadi Polemik, Mahfud Minta Maaf Istilah 'Provinsi Garis Keras' Jadi Polemik, Mahfud Minta Maaf
KIP: Informasi Publik Harus Sampai ke Masyarakat KIP: Informasi Publik Harus Sampai ke Masyarakat

#kpu #pilpres 2019 #jokowi-ma'ruf #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar