Dubes Hasan Kleib Dianugerahi Tanda Jasa Presiden Palestina

Duta Besar Hasan Kleib menerima penghargaan dari Palestina pada upacara khusus di Gedung PBB, Jenewa, Jumat (28/6). (Foto: Kemenlu)

Arah -  Presiden Palestina Mahmoud Abbas menganugerahkan bintang tanda jasa “Star of Merit: Order of the State of Palestine” kepada Duta Besar (Dubes) Hasan Kleib, yang saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Tetap (Wakatap) RI pada PBB, WTO, dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa.

Penyematan bintang tanda jasa dari Presiden Palestina tersebut dilakukan Menteri Riyadh Mansour, Dubes Palestina pada PBB di New York, pada upacara khusus di Gedung PBB, Jenewa, Jumat (28/6/2019).

Penghargaan diberikan kepada Dubes Hasan Kleib atas kontribusi nyata dan peran aktif di dunia internasional dalam mendukung perjuangan Palestina ketika menjabat Dirjen Multilateral Kemlu RI, dan sebelumnya Dubes/Wakil Tetap RI pada PBB di New York, serta pada posisinya saat ini sebagai Wakil Tetap RI pada PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa.

Rangkaian upacara penyematan di hadapan para dubes negara-negara Arab, ASEAN dan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), termasuk Assistant Sekjen OKI dan para tamu undangan lainnya, diisi pembacaaan pesan khusus Presiden Mahmoud Abbas kepada Dubes Hasan Kleib.

Dalam pesan pribadinya, Presiden Mahmoud Abbas menyatakan bintang jasa ini merupakan pengakuan atas peran luar biasa Dubes Hasan Kleib dalam memajukan dan memperkuat hubungan dan persahabatan antara Palestina dan Indonesia. Selain itu juga sebagai penghargaan tulus atas solidaritas yang kokoh dan kontribusi luar biasa Dubes Hasan Kleib dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam mencapai kebebasan dan kemerdekaan.

Menteri Mansour menambahkan dirinya mendapat instruksi khusus dari Presiden Mahmoud Abbas untuk menyematkan tanda jasa ini kepada Dubes Hasan Kleib di Jenewa.

”Ini adalah bentuk penghormatan kepada Bangsa dan Rakyat Indonesia, melalui pengakuan kontribusi nyata Dubes Hasan Kleib, seorang putra terbaik, diplomat terbaik dan Duta Besar terbaik yang Indonesia miliki,” kata Mansour.

Menteri Mansour menegaskan pemberian tanda jasa ini adalah refleksi penghargaan tulus dari bangsa dan rakyat Palestina atas jasa dan kontribusi diplomasi yang sangat besar dari Dubes Hasan Kleib yang turut memperjuangkan hak-hak sah rakyat Palestina di berbagai forum multilateral dan regional.

Baca Juga: KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden-Wapres 2019-2014
Andi Arief Sebut Tak Akan Ada Oposisi Tapi Potensi Monoritas

Dalam sambutannya, Dubes Hasan Kleib menyampaikan momen ini merupakan momen sangat luar biasa bagi pribadi dan Indonesia. Tanda jasa ini dinilai lebih luar biasa lagi karena diberikan oleh Presiden suatu negara yang tengah berjuang memperoleh kemerdekaannya yang sangat diperhatikan, didukung penuh dan sangat dekat dengan hati rakyat Indonesia.

“Meskipun bintang tanda jasa ini diberikan dalam kapasitas pribadi, namun tentunya penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya-upaya dan kontribusi Pemerintah dan rakyat Indonesia bagi perjuangan rakyat Palestina,” kata Hasan Kleib.

Ditegaskan pula selama lebih dari 4 tahun terakhir, Presiden Joko Widodo telah meningkatkan upaya-upaya dan kontribusi Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak sah rakyat Palestina untuk membentuk suatu negara merdeka dan berdaulat.

Berita Terkait

Muak Perang, Warga Israel Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina Muak Perang, Warga Israel Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina
Palestina Kecam Keputusan Guatemala Pindah Kedutaan ke Yerusalem Palestina Kecam Keputusan Guatemala Pindah Kedutaan ke Yerusalem
Indonesia Berharap Palestina Menjadi Anggota Penuh PBB           Indonesia Berharap Palestina Menjadi Anggota Penuh PBB

#palestina #Israel-Palestina #kemerdekaan palestina #PBB #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar