Inggris Investigasi TikTok Terkait Keamanan Privasi Data Anak

Aplikasi TikTok (Pexels)

Arah - Otoritas Inggris melakukan investigasi terhadap aplikasi sosial video pendek TikTok yang dioperasikan ByteDance. Penyelidikan aplikasi asal Negeri Tirai Bambu itu terkait masalah keamanan dan data personal bagi pengguna di bawah umur.

Head Information Commissioner Office Inggris, Elizabeth Denham, dilansir Guardian, mengungkapkan pihaknya tengah melakukan penyelidikan aktif terkait bagaimana TikTok mengumpulkan data pribadi penggunanya. Selain itu, muncul kekhawatiran terhadap sistem perpesanan terbuka yang memungkinkan pengguna dewasa menghubungi anak-anak.

"Kami sedang mengawasi sistem perpesan yang sangat terbuka, kami memperhatikan jenis video yang dikumpulkan dan dibagikan anak-anak secara online. Kami memang melakukan penyelidikan aktif terhadap TikTok," ungkap Denham.

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang paling digemari anak muda saat ini. Data perusahaan analitik SensorTower menyebut TikTok menempati urutan teratas di App Store di seluruh dunia selama lima kuartal berturut-turut. Pengguna aplikasi ini sekitar 500 juta yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Baca Juga: Alipay Ingin Konsumen Nyaman Lihat Wajahnya Sendiri
Atas Permintaan, Apple Hapus Ratusan Aplikasi di App Store

Emma Worth dari perusahaan pemasaran Ralph Creative menganalisa, kesuksesan TikTok karena menawarkan sesuatu yang tidak dilakukan aplikasi lain.

"Anak-anak muda sudah mulai bosan dengan gerakan influencer narsisistik di aplikasi lain, melihat 'kehidupan sempurna', 'hubungan sempurna' dan itulah sebabnya mereka beralih ke TikTok," kata Emma.

Seiring dengan melejitnya Tiktok muncul permasalahan yang menlingkupinya. Sebelumnya, Komisi Perdagangan Federal AS telah menjatuhkan denda 5,7 juta dolar atau sekitar Rp80,4 miliar kepada TikTok yang dinilai melanggar undang-undang privasi anak. Selain itu, Tiktok sempat dilarang di India. 

Berita Terkait

Aplikasi ini Mudahkan Ibu Hamil Dapat Kursi di KRL Aplikasi ini Mudahkan Ibu Hamil Dapat Kursi di KRL
Akibat Penjualan Online, Royalti Penulis di Inggris Dibayar Murah Akibat Penjualan Online, Royalti Penulis di Inggris Dibayar Murah
Gol Penentu Podolski Bawa Jerman Menang Atas Inggris Gol Penentu Podolski Bawa Jerman Menang Atas Inggris

#Aplikasi #Aplikasi TikTok #Inggris #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar