MA Kabulkan Kasasi Syafruddin Temenggung

Gedung Mahkamah Agung (Dok. mahkamahagung.go.id)

Arah - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang diajukan terdakwa Syafruddin Arsyad Temenggung. Namun putusan perkara tersebut tidak bulat karena ada dissenting opinion.

Dalam amar putusannya, MA menilai Syafruddin Temenggung terbukti dalam penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) BLBI kepada Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI). Namun, MA menilai tak ada pelanggaran pidana dalam tindakan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) itu.

"Melepaskan Terdakwa oleh karena itu dari segala tuntutan hukum. Memulihkan hak Terdakwa dalam kemampuan, harkat, dan martabatnya Terdakwa dikeluarkan dari tahanan. Menetapkan barang bukti dikembalikan kepada Terdakwa," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah dalam konferensi pers di Gedung MA, Selasa (9/7/2019).

Putusan yang termaktub dalam amar putusan No. 1555K/PID.SUS-TPK/2019 itu tidak bulat karena ada dissenting opinion. Dari tiga hakim, Hakim Anggota I Syamsul Rakan Chaniago menilai perkara yang menjerat Syafruddin Temenggung masuk ranah perdata. Sedangkan Hakim Anggota II Mohamad Asikin menilai perkara tersebutr masuk ke ranah hukum administrasi.

Baca Juga: Inovasi Perkuliahan Harus Dilakukan di Era Revolusi Industri 4.0
Bamsoet Sarankan Kabinet Baru Beri Kesempatan Generasi Muda

Syafruddin Temenggung mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memperberat hukuman dirinya menjadi 15 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan. Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis Syafruddin 13 tahun penjara dan denda Rp700 juta subsider 3 bulan kurungan.

Berita Terkait

Jakarta Utamakan Pasokan Beras Lokal Jakarta Utamakan Pasokan Beras Lokal
Sebaja Tak Temukan Adanya Mobilisasi Becak Masuk Jakarta Sebaja Tak Temukan Adanya Mobilisasi Becak Masuk Jakarta
Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini

#Mahkamah Agung #Syafruddin Arsyad Temenggung #Kasus BLBI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar