Kasus Hoaks Penganiayaan, Ratna Sarumpaet Jalani Sidang Vonis

Aktivis Ratna Sarumpaet (Dok.arah.com/Restu)

Arah -Terdakwa kasus hoaks penganiayaan, Ratna Sarumpaet akan kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019). Agenda sidang hari ini adalah pembacaan putusan majelis hakim.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Ratna Sarumpaet dengan hukuman 6 tahun penjara karena membuat keonaran lewat hoaks penganiayaan. Menurut JPU, Ratna terbukti bersalah melanggar Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. yakni 6 tahun penjara.

Pada persidangan 25 Juni 2019, Ratna Sarumpaet telah menanggapi JPU melalui duplik yang disampaikan kuasa hukumnya,Insank Nasruddin. Menurut Insank, tuntutan JPU kepada kliennya lebih berat dari tuntutan kepada seorang pelaku korupsi.

Baca Juga: Gubernur Kepri Bukan Kepala Daerah Pertama yang Kena OTT di 2019
DPR Ingatkan Pemerintah Hati-hati dalam Berutang

Dia mengatakan, terdakwa menceritakan peristiwa penganiayaan dirinya hanya kepada keluarga dan teman-temannya. Tujuannya untuk menutupi rasa malunya dan bukan membuat keonaran di masyarakat.

Dengan demikian, lanjut dia, kliennya tidak terbukti telah melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 karena tidak ada satupun dari perbuatan terdakwa yang memenuhi unsur-unsur delik dari pasal tersebut.

Berita Terkait

Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara
Hanum Rais Jelaskan Pemeriksaan Dirinya di Polda Metro Jaya Hanum Rais Jelaskan Pemeriksaan Dirinya di Polda Metro Jaya
Ratna Sarumpaet Hadirkan 3 Saksi Meringankan Ratna Sarumpaet Hadirkan 3 Saksi Meringankan

#Sidang Vonis #Ratna Sarumpaet #berita hoaks #Kasus Penganiayaan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar