Amankah Mengganti Password Secara Berkala?

Ilustrasi password (Pxhere)

Arah - Apakah Anda termasuk orang yang mengikuti anjuran untuk mengganti password akun secara rutin? Benarkah dengan mengganti password secara rutin akan memperkecil peluang untuk diretas? 

Communications-Electronics Security Group (CESG). justru menyarankan sebaliknya. Artinya Lembaga keamanan asal Inggris itu menyarankan untuk tidak terlalu sering mengganti password karena meningkatkan risiko pembobolan.

Dalam situs resminya, CEGS memaparkan dengan setring mengubah password otomatis akan memaksa penggunanya untuk terus mengingat  password yang berbeda secara berkala. Masalah bisa muncul karena takut lupa, mereka menuliskannya di kertas atau lainnya yang bisa saja jatuh dan ditemukan orang lain. 

CEGS menyarankan untuk ganti password dua kali dalam setahun. Namun, Federal Trade Commission (FTC) Amerika Serikat tetap menyarankan mengganti password jika memang ada alasan kuat untuk melakukannya. Misalnya ketika seluruh akun punya password sama, atau ada orang lain yang mengetahui password Anda.

Baca Juga: Bertemu, Jokowi dan Prabowo Sepakat Tak Ada Lagi Cebong Kampret
Prabowo: Kami Siap Bantu untuk Kepentingan Rakyat

Jika Anda memang ingin mengganti password, pastikan tidak berkaitan dengan yang lama. Selain itu hindari penggunaan password yang yang mirip dengan akun Anda lainnya.

Edward Snowden salah satu peretas ternama seprti dikutip dari RT memberikan saran untuk menggunakan "passphrase" dibandingkan "password".


Berita Terkait

Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih
Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini Sukseskan Operasi Lilin, Pemprov DkI Lakukan Hal Ini
Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional Indonesia Raih Perak Dari Olimpiade Robot Internasional

#kata sandi #password #Edward snowden #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar