Gerhana Bulan 17 Juli, Kemenag Ajak Umat Islam Salat Khusuf

Ilustrasi gerhana bulan (Pixabay)

Arah - Gerhana Bulan atau khusuful qamar diprediksi akan kembali terjadi pada 17 Juli 2019. Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menjelaskan kawasan Indonesia barat dan tengah dapat mengamati gerhana bulan ini. Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 03:01 WIB-05:59 WIB.

“Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 04:30 WIB,” ujarnya di Jakarta, Senin (15/07).

Muhammadiyah Amin mengajak umat Islam melaksanakan Salat Gerhana atau Salat Khusuf. Pelaksanaan Salat Gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.

Ditjen Bimas Islam dilansir situs Kemenag, telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag di daerah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kasus Suap DAK, Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Penjara
Ikuti Google Maps, 100 Kendaraan Terjebak di Jalan Tanah

Isinya agar Kakanwil menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Salat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan keselamatan dan kemajuan bangsa," sambungnya.

Berita Terkait

Puluhan Jamaah Shalat Gerhana di Monas Puluhan Jamaah Shalat Gerhana di Monas
Ini Dia Isi Edaran Anies Soal Gerhana Bulan Total Ini Dia Isi Edaran Anies Soal Gerhana Bulan Total
Fenomena Terjadinya Supermoon Ekstra dan Gerhana Bulan Total Fenomena Terjadinya Supermoon Ekstra dan Gerhana Bulan Total

#Salat Gerhana #Gerhana Bulan #Kemenag #Fenomena Alam #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar