Indonesia Gagal Pertahankan Gelar Piala AFF U-15

Pelatih Timnas U-15 Bima Sakti (Foto:PSSI)

Arah - Tim nasional Indonesia gagal melaju final usai takluk 0-2 dari Thailand pada semifinal Piala AFF U-15 2019 di Stadion IPE, Chonburi, Thailand, Rabu (7/8/2019) malam. SElanjutnya Indonesia akan memperebutkan peringkat ketiga melawan Vietnam pada Jumat (9/8/2019).

Skuat Garuda Asia yang bermain menekan di babak pertama menciptakan beberapa peluang termasuk lewat lewat kaki Marselino dan M. Faizal. Permainan high-pressing Indoesia sempat merepotkan pertahanan Thailand namun selalu gagal pada penyelesaian akhir.

Sebaliknya, Thailand yang mengambil inisiatif serangan di babak kedua memaksa Indonesia bertahan. Niphitphon Wongpanya memecah kebuntuan Thailand di menit ke-53 setelah sepakan kerasnya merobek gawang Made Putra.

Indonesia yang berusaha menyeimbangkan kedudukan justru kembali kebobolan di menit ke-71. Wongpanya memanfaatkan kesalahan antisipasi pemain bertahan Indonesia untuk mencetak gol keduanya yang bertahan hingga akhir laga.

Dengan kekalahan ini Indonesia gagal mempertahankan gelar Piala AFF U-15. Sepanjang sejarah turnamen, hanya Myanmar yang sukses menjadi juara secara beruntun. Myanmar menjuarai turnamen edisi 2002 dan 2005. Setelah itu belum ada lagi tim yang melakukannya, termasuk Indonesia yang tahun lalu menjadi  kampiun usai mengalahkan Thailand 1-1 (4-3) melalui adu penalti.

Baca Juga: Spurs Kejar Bintang Bercelona dan Juventus Jelang Akhir Transfer
Setelah Dapatkan Maguire, Pemain Ini yang Ingin Diboyong MU

Meski kalah, Pelatih Timnas U-15, Bima Sakti, mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang sudah tampil habis-habisan melawan Thailand.

"Saya berterima kasih kepada anak-anak yang telah berjuang. Saya juga terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakan dan mendukung," ujarnya di Situs PSSI.

Menurutnya, turnamen Piala AFF U-15 bukan akhir tatapi awal dari perjuangan. Dia meminta skuatnya segera belajar dari kesalahan dan bangkit untuk menjadi lebih baik.

"Saya tekankan kepada pemain, mereka harus segera bangkit. Jangan meratapi kekalalahan. Jangan ada yang nangis. Mereka telah berjuang maksimal," ujar mantan kapten Timnas Indonesia.

Bima mengakui Thailand adalah lawan yang bagus dengan permainan teroganisir. KIni dia fokus menghadapi Vietnam pada perebutan peringkat ketiga.

"Kita akan kembali fokus berlatih dan menjadi lebih baik lagi untuk berjuang mendapatkan peringkat ketiga," pungkasnya.

Berita Terkait

Thailand Lawan Berat Indonesia di Semifinal Piala AFF U-15 Thailand Lawan Berat Indonesia di Semifinal Piala AFF U-15
 Kemenpora Setuju Pembelian Tiket Final Piala AFF Online, Asal.. Kemenpora Setuju Pembelian Tiket Final Piala AFF Online, Asal..
Ingin Timnas Raih Hasil Maksimal, PSSI Siapkan Laga Uji Coba Ingin Timnas Raih Hasil Maksimal, PSSI Siapkan Laga Uji Coba

#Piala AFF #Timnas Thailand #Timnas Indonesia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar