Kepala Daerah Diminta Antisipasi Dampak Kekeringan

Ilustrasi kekeringan (Pixabay)

Arah - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta seluruh gubernur untuk menjaga pasokan air sebagai dampak terjadinya kekeringan di sejumlah daerah. Permintaan ini disampaikan Mendagri melalui Surat Edaran bernomor 365/7309/SJ tertanggal 1 Agustus 2019.

“Kami minta kepada seluruh Gubernur untuk memerhatikan dan melakukan beberapa langkah terkait antisipasi dampak kekeringan,” ujar Mendagri dalam surat edarannya.

Dalam surat edaran itu juga disebutkan hal-hal yang harus diperhatikan para kepala daerah akibat kemungkinan kekeringan berkepanjangan.

Gubernur diminta mengambil langkah jangka pendek, menengah dan panjang untuk menjaga pasokan air bagi masyarakat sebagai antisipasi risiko dampak kekeringan di Daerah.

Selain itu gubernur diminta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akibat dampak kekeringan. Caranya dengan meningkatkan koordinasi dengan TNI/Polri mengingat sebagian besar penyebab karhutla adalah disengaja atau ulah oknum masyarakat dan mempunyai pos anggaran rutin untuk mengantisipasi karhutla dalam APBD Provinsi yang ditampung dalam RKPD dan RPJMD.

“Mengalokasikan pendanaan tanggap darurat bencana dan kebakaran yang bersumber dari Pos Belanja Tidak Terduga dalam APBD Provinsi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap di Jakarta Diperluas, Ini Rinciannya
Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali

Mendagri mengingatkan, berdasarkan Pasal 91 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota, Presiden dibantu gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

Selanjutnya gubernur melaporkan pelaksanaan tugas dan wewenangnya sebagai Wakil Pemerintah Pusat kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Berita Terkait

Mendagri Belum Terima Surat Pengunduran Diri Ahok Mendagri Belum Terima Surat Pengunduran Diri Ahok
Tjahjo Kumolo: Ingat! 3 Juli PNS Kemendagri Harus Sudah Kerja Tjahjo Kumolo: Ingat! 3 Juli PNS Kemendagri Harus Sudah Kerja
Kunjungi Pemkot Bandung, ini yang Bikin Mendagri Geleng-geleng Kunjungi Pemkot Bandung, ini yang Bikin Mendagri Geleng-geleng

#kekeringan #Kemendagri #Kemarau Panjang #Tjahjo Kumolo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar