Tenda Arafah Ber-AC untuk Kenyamanan dan Kesehatan Jemaah Haji

Dok Menag Lukman Hakim Saifuddin sedang memeriksa AC yang dipasang di tenda Arafah, Senin (5/8) (foto:Bahauddin/MCH2019)

Arah - Untuk pertama kalinya tenda di Arafah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) pada musim haji 1440H/2019M. Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan hal ini untuk kenyamanan dan kesehatan jemaah haji.

“Ini bukan hanya untuk kenyamanan, tetapi juga untuk kesehatan jemaah selama melaksanakan wukuf di Arafah,” ujarnya, Rabu (7/8/2019).

Menag mengatakan diperkirakan pada saat wukuf tanggal 9 Zulhijjah, suhu di Arafah berkisar antara 40-45 derajat Celcius. Dengan keberadaan AC dalam tenda Arafah akan membantu jemaah tetap nyaman dan sehat meski cuaca panas.

“Cuaca di Mekkah dua hari belakangan ini memang cukup sejuk tidak seperti biasa. Bagaimana pun juga kami mengantisipasi, karena diperkirakan pada Jumat dan Sabtu ini suhu bisa mencapai 40 – 45 derajat,” kata Menag.

Dilansir situs Kemenag, Lukman Hakim mengajak jemaah haji Indonesia tetap mempertahankan pola hidup bersih dan sehat serta cukup istirahat menjelang masa puncak haji wukuf di Arafah.

Baca Juga: Beredar Video Kebakaran, Menag: Bukan Tenda Jemaah Indonesia
Jemaah Tertabrak di Mekkah, Kadaker: Pelaku Sudah Diproses

Kepala Seksi Akomodasi Daker Mekkah Abduh Dhiyaurrahman mengungkapkan jumlah AC pada masing-masing tenda di Arafah menyesuaikan luas dan kapasitasnya. Di Arafah terdapat dua jenis ukuran tenda, masing-masing 15 x 25 meter dan 10 x 15 meter.

“Nah rasio antara jumlah AC dengan jumlah orang itu sekitar 1:90,” kata Abduh.

Berita Terkait

Beredar Video Kebakaran, Menag: Bukan Tenda Jemaah Indonesia Beredar Video Kebakaran, Menag: Bukan Tenda Jemaah Indonesia
Kurangi Kemacetan, Begini Aturan Transportasi Armuzna Kurangi Kemacetan, Begini Aturan Transportasi Armuzna
Jelang Wukuf, Menag Ingatkan PPIH Jalankan Formula 5-5-3 Jelang Wukuf, Menag Ingatkan PPIH Jalankan Formula 5-5-3

#Padang Arafah #Wukuf di Arafah #Jemaah Haji #Ibadah Haji #Lukman Hakim Saifuddin #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar