Penyandang Disabilitas Belum Dapat Perlakuan Adil

Ilustrasi penyandang disabilitas (Pxhere)

Arah - Perempuan dan penyandang disabilitas harus mendapatkan perlakuan yang baik dan adil terutama dalam bidang ketenagakerjaan, sehingga Indonesia dapat dikategorikan sebagai negara yang menjalankan keadilan Hak Asasi Manusia (HAM) terbaik.

“Kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan yang bekerja formal maupun informal harus diperhatikan. Para penyandang disabilitas juga perlu mendapatkan perlakuan khusus, terutama dalam bidang ketenagakerjaan,” ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Rabu (7/8/2019).

Indra seperti dikutip dari dpr.go.id mencotohkan saat ini masih banyak perempuan yang mendapatkan kekerasan, pelecehan seksual di dalam pekerjaan.

“Masih banyak perempuan yang mendapatkan perilaku kurang baik seperti mendapatkan kekerasan di dalam pekerjaannya serta pelecehan seksual yang sering terjadi,” paparnya.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Cek Pelayanan Haji untuk Lansia dan Disabilitas
Aplikasi Ini Bantu Pertemukan Disabilitas Netra dengan Relawan

Menurutnya masih banyak perusahaan yang tidak memperhatikan dan mengedepankan para penyandang disabilitas dalam proses penyerapan tenaga kerja. Padahal Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas sudah mewajibkan untuk mengedepankannya.

“Penyerapan tenaga kerja penyandang disabilitas tidak begitu maksimal padahal di dalam Undang-Undang sudah dijelaskan setiap BUMD, BUMN dan Pemerintah Daerah perlu mengedepankannya. Untuk itu pemerintah harus semakin serius agar para tenaga kerja yang mempunyai fisik terbelakang mendapatkan hak-hak yang sesuai,” kata Indra.

Dia berharap para pemangku kepentingan dapat mempertimbangkan aspek-aspek gender dan disabilitas dalam menyusun legislasi bidang ketenagakerjaan.

Berita Terkait

Google Maps Bikin Layanan Baru untuk Pengguna Kursi Roda Google Maps Bikin Layanan Baru untuk Pengguna Kursi Roda
DPR RI Komitmen Untuk Sejahterakan Para Penyandang Disabilitas DPR RI Komitmen Untuk Sejahterakan Para Penyandang Disabilitas
Masya Allah, Siswa Disabilitas Siap Daki Gunung Manglayang Masya Allah, Siswa Disabilitas Siap Daki Gunung Manglayang

#Diskriminasi Perempuan #Disabilitas #Penyandang Disabilitas #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar