Fadli Zon Nilai Banyak Masalah dalam Aktivitas Impor

Dok. Fadli Zon (Foto: Arah.com)

Arah - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai aktivitas impor yang dilakukan pemerintah saat ini banyak masalah. Bahkan setiap impor seringkali terjadi perburuan rente.

“Menurut saya impor-impor banyak masalah, dalam setiap impor seringkali terjadi perburuan rente, terkait dengan harga yang memang disparitasnya cukup tinggi, ini yang disayangkan,” ujar Fadli menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ditambahkan Fadli, terkait impor bawang putih Memukul sebenarnya memukul petani dalam negeri, apalagi dilakukan di saat panen. Begitu juga impor beras, gula, dan jagung. Pihaknya berharap pemeritah lebih konsisten, karena kebijakan impor itu sangat tinggi moral harzard-nya.

“Menurut saya ada orang-orang yang memburu rente, karena kalau pedagang sangat wajar ingin mendapatkan untung, tapi jangan mengorbankan petani juga. Dari sisi policy saja pemerintah memberi ruang kepada impor bawang sehingga implikasinya ya seperti sekarang ini jadinya,” tambahnya dilansir dpr.go.id.

Baca Juga: 11 Orang Terjaring OTT KPK Diduga Terkait Impor Bawang Putih
Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih di Jakarta, Rabu (7/8/2019). Dari OTT tersebut, 6 orang telah ditetapkan menjadi tersangka, termasuk anggota DPR RI 2014-2019, I Nyoman Dhamantra.

KPK menemukan adanya alokasi pemberian fee Rp1.700-1.800 untuk setiap kilogram bawang putih yang diimpor. Kuota yang diurus dalam impor ini 20 juta kilogram bawang putih atau 20 ribu ton.

Berita Terkait

Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Polri-KPK Diminta Dalami Penyalahgunaan Izin Impor Bawang Polri-KPK Diminta Dalami Penyalahgunaan Izin Impor Bawang
Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih Petani Garut Belum Mampu Produksi Bawang Putih

#Impor #bawang putih #Fadli Zon #KPK #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar