Gugatan Mulan Jameela dan Caleg Gerindra Diputus Hari Ini

Ilustrasi persidangan (Freedigitalphotos.net/Salvatore Vuono)

Arah - Sidang gugatan perdata sembilan caleg Partai Gerindra, termasuk Mulan Jameela terhadap DPP Partai Gerindra akan diputus Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) pada Senin (12/8/2019). Para penggugat meminta Gerindra untuk menetapkan mereka sebagai anggota DPR RI.

Inti gugatan mereka adalah pelanggaran hak para penggugat selaku anggota dan bahkan kader Partai Gerindra yaitu hak untuk menentukan kebijakan serta hak untuk dipilih (vide Pasal 15 ayat 2 UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik) oleh para tergugat karena tidak menetapkan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra.

Dalam berkas gugatan disebutkan R Wulansari atau Mulan Jameela, Caleg Gerindra dari Dapil Jawa barat XI (Penggugat IV) dengan aktif membantu kampanye di bidang seni dan budaya. Karena pengabdiannya, dia mendapat penghargaan dari Gerindra berupa Bintang Garudayaksa Ksatria Utama.

"Bahwa karena pentingnya posisi kader, maka Pasal 15 ayat (4) secara tegas mengatur jika kader Partai Gerindra dipersiapkan menjadi Anggota DPRD/DPR Republik Indonesia," demikian penjelasan soal pokok perkara gugatan.

Baca Juga: Risma Masuk, Ini Susunan Kepengurusan DPP PDIP Periode 2019-2024
Kemungkinan Partai Gabung Koalisi, PDIP Akan Bahas dengan TKN

Gugatan pemohon didasarkan Pasal 419 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu yang mengatur penentuan perolehan jumlah kursi anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota Partai Politik Peserta Pemilu didasarkan atas hasil penghitungan seluruh suara sah dari setiap Partai Politik Peserta Pemilu yang memenuhi ketentuan Pasal 414 di daerah pemilihan yang bersangkutan.

Menurut pemohon, setelah pemungutan suara, pemilih yang memilih Partai Gerindra jauh lebih besar dibanding yang memilih langsung caleg. Jika dihitung dengan sistem penghitungan suara Sainte Lague, tidak ada satupun caleg Partai Gerindra yang mendapatkan kursi tanpa suara pemilih yang memilih Partai Gerindra.

Gugatan mereka teregister dengan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Pihak tergugat terdiri dari Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

Awalnya caleg Gerindra yang menggugat pertainya sendiri berjumlah 14 orang. Namun, belakangan ada lima caleg  mencabut gugatannya, termasuk keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati.



Berita Terkait

Ditemukan  Tak Bernyawa  Akibat Tidur Dengan Tiga Kipas Sekaligus Ditemukan Tak Bernyawa Akibat Tidur Dengan Tiga Kipas Sekaligus
Hari Ini Sidang Perdana Sengketa Pileg 2019 Digelar di MK Hari Ini Sidang Perdana Sengketa Pileg 2019 Digelar di MK
Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi

#Mulan Jameela #sidang gugatan pileg 2019 #Partai Gerindra #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar