Stasiun Telaga Murni Diharapkan Jadi Contoh Daerah Lain

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Foto: Dok.arah.com/Haryanto)

Arah - Stasiun Metland Telaga Murni telah diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (13/8/2019). Ini merupakan stasiun pertama yang dibangun pihak swasta dan dihibahkan kepada pemerintah.

Menhub mengatakan hal ini bisa menjadi role model bagi daerah lain. Stasiun Kereta Api Metland Telaga Murni di Kabupaten Bekasi dibangun Metland.

"Apa yang dilakukan tidak lepas dari dukungan Pemda. Tentunya ini suatu success story dari suatu proses. Presiden mengamanatkan kami untuk menggalang kerjasama dengan swasta di semua tempat, sehingga swasta juga bisa memberikan bagi pelayanan masyarakat," ujarnya.

Dengan diresmikannya stasiun tersebut, Menhub meminta Pemda merencanakan program integrasi antarmoda di setiap stasiun dengan menyediakan transportasi lanjutan dari dan ke stasiun. Hal ini untuk semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal.

"Saya minta Pemda agar merencanakan program integrasi antarmoda di setiap stasiun, sehingga stasiun-stasiun kereta api tersebut akan semakin mudah diakses oleh masyarakat. Sehingga masyarakat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke moda angkutan kereta api," kata Menhub.

Baca Juga: 9 Ruas Jalan Tol Siap Diresmikan Hingga Akhir 2019
Bangun Infrastruktur Harus Perhatikan Kesejahteraan Masyarakat

Menhub juga mengatakan kedepannya akan terus dibangun angkutan massal berbasis rel seperti MRT, LRT dan BRT yang menggunakan skema kerja sama dengan swasta.

Keberadaan Stasiun Metland Telaga Murni ini diharapkan dapat meningkatkan level of service bagi masyarakat terhadap pelayanan jasa transportasi kereta api yang andal, aman, nyaman dan terjangkau. Pemerintah juga berharap masyarakat dapat menjaga fasilitas yang telah dibangun dan dapat digunakan dengan baik.

Posisi Stasiun Metland Telaga Murni berada di antara lintas Jakarta-Cikampek tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Cikarang di Desa Telaga Murni. Stasiun ini dibangun di atas tanah seluas 2,051 m2 dengan luas bangunan 2,630 m2 dan memiliki fasilitas peron 260 meter dan melayani 12 (dua belas) rangkaian kereta.

Berita Terkait

Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Teknologi Cerdas Dukung Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Menhub Edarkan Surat Larangan Demo pada Objek Vital Transportasi Menhub Edarkan Surat Larangan Demo pada Objek Vital Transportasi
Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I Jadwal Operasi MRT Jakarta Fase I

#stasiun kereta #Bekasi #Budi Karya Sumadi #transportasi umum #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar