5 Ponsel Terlaris di Asia Tenggara April-Juni 2019

Ilustrasi smartphone (scottchan/Freedigitalphotos.net)

Arah - Telepon seluler (ponsel) produk China mendominasi pasar Asia Tenggara pada kuartal kedua 2019. Dari total 30,7 juta unit ponsel yang dikapalkan ke Asia Tenggara, produsen China mengapalkan 19 juta unit atau menguasai 62% pasar.

Riset Canalys menyebutkan ponsel merek Oppo, vivo, Xiaomi, dan Realme masuk lima besar. Namun Samsung masih merajai pasar Asia Tenggara pada Q2 dengan menempati posisi teratas. Pabrikan ponsel Korea Selatan itu mengirimkan 7,7 juta unit atau tumbuh 5% dibansing kuartal sebelumnya.

Oppo menempel Samsung di posisi runner-up dengan jumlah pengapalan 7,2 juta unit ponsel. Kinerja Oppo pada kuartal kedua ini disebut sebagai yang yang terbaik dengan pertumbuhan 49% dari tahun ke tahun.

Selanjutnya secara berurutan di posisi tiga sampai lima besar ada vivo dengan pengapalan 4,1 juta unit, Xiaomi 3,7 juta unit dan Realme 1,6 juta unit.

Analis dari Canalys Matthew Xie mengatakan peluang keberhasilan merek baru di Asia Tenggara lebih tinggi dibanding kawasan lain. Menurutnya dari 75% pengiriman ke pasar Asia Tenggara merupakan ponsel dengan harga di kisaran 200 dolar AS yang menyasar segmen menengah ke bawah.

"Mengingat populasi yang besar, pengembangan infrastruktur online dan logistik, dan peningkatan kemampuan produksi lokal, vendor investasi besar-besaran untuk mengamankan sumber daya bisnis dan awareness pelanggan," ujarnya, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Fakta Menarik YouTube yang Belum Banyak Diketahui Orang
Fitur Baru Facebook Pengingat Jadwal Tayang Film Bioskop

Selain market share vendor ponsel, Canalys juga melakukan riset tipe ponsel paling laris di sembilan negara Asia Tenggara. Sembilan negara itu meliputi Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Hasil riset Canalys menunjukkan tipe ponsel palin laris berdasarkan data pengapalan April-Juni 2019 adalah Oppo A5s yang diperkirakan telah terjual 2,6 juta unit. Selanjutnya berturut-turut Galaxy A10 dengan pengapalan 2,2 juta unit, Redmi Note 7 sebanyak 2,1 juta unit, vivo Y91c 1,4 juta unit dan Oppo A3s 1,2 juta unit.

Berita Terkait

Garap Ponsel Lipat, Huawei Klaim Dapat Menyalip Samsung dan Apple Garap Ponsel Lipat, Huawei Klaim Dapat Menyalip Samsung dan Apple
Astaga, Teknologi Layar Lipat Samsung Dicuri Astaga, Teknologi Layar Lipat Samsung Dicuri
Samsung  Produksi Penyimpanan 512GB Untuk Ponsel Samsung Produksi Penyimpanan 512GB Untuk Ponsel

#Samsung #OPPO #ponsel #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar