Jaga Kemabruran dengan Peduli Sesama dan Tebar Salam

Jemaah haji asal Indonesia (Foto:Kemenag)

Arah - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak jemaah mensyukuri nikmat bisa menunaikan ibadah haji. Menurutnya, tidak semua orang mendapat kesempatan bisa berhaji. Bahkan tidak sedikit orang yang sehat dan mempunyai uang, namun belum punya kesempatan karena antrean panjang. 

"Syukuri semaksimal mungkin untuk capai kemabruran," ujar Menag di Misfalah-Mekkah, Jumat (16/8/2019).

Menurut Menag, ciri kemabruran adalah memberi makan kepada sesama dan menebar salam. Orang yang sudah menunaikan ibadah haji, mestinya semakin peduli terhadap lingkungan dan mampu memberikan rasa aman kepada sesama. 

"Selain tingkatkan kesalehan personal dengan semakin rutin dan banyak beribadah mahdlah, jemaah juga dituntut tingkatkan kesalehan sosial agar keberadaannya dirasakan manfaatnya oleh sesama," pesan Menag. 

Baca Juga: Menag Lepas Kepulangan Jemaah Kloter Perdana
Kedapatan Bawa Zam-zam, 150 Koper Jemaah Dikembalikan

Dilansir Situs Kemenag, keberangkatan 410 jemaah haji asal Bogor yang tergabung dalam Kloter JKS 01 menandai dimulainya fase pemulangan gelombang pertama. Adapun jemaah haji gelombang kedua, akan mulai diberangkatkan ke Madinah pada 20 Agustus mendatang. 

"Sampaikan salam kepada keluarga di Bogor. Kita mendoakan mudah-mudahan kepulangan berjalan lancar, aman, dan selamat sehingga bisa kumpul kembali dengan keluarga," kata Menag.

Berita Terkait

Tenda Arafah Ber-AC untuk Kenyamanan dan Kesehatan Jemaah Haji   Tenda Arafah Ber-AC untuk Kenyamanan dan Kesehatan Jemaah Haji
Jemaah Haji Diimbau Jaga Keseimbangan Ibadah dan Istirahat Jemaah Haji Diimbau Jaga Keseimbangan Ibadah dan Istirahat
Jemaah Nafar Awal Mulai Kembali ke Mekkah Jemaah Nafar Awal Mulai Kembali ke Mekkah

#Ibadah Haji #Jemaah Haji #Lukman Hakim Saifuddin #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar