Sistem Peminjaman Modal Bagi Pelaku Ekraf Harus Mudah

Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djundjunan (Foto: dpr.go.id)

Arah - Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djundjunan menekankan agar Rancangan Undang-Undang Ekonomi Kreatif (RUU Ekraf) yang terkait dengan pasal sistem peminjaman modal kepada para pelaku ekraf dibuat mudah. Dia mengingatkan agar sistem peminjaman modal tersebut malah memperkaya pemberi modal.

Popong khawatir apabila sistem bantuan permodalan yang diberikan pemerintah nantinya bertele-tele. Dia tidak menginginkan pelaku ekraf meminjam di tempat yang salah.

“Pelaku ekonomi kreatif pasti berpikir, ‘ah mana aja yang gampang’. Kalau misalnya dari empat sumber keuangan milik pemerintah itu sulit dan ada orang yang mau memberikan bantuan tanpa bunga ya tentu mereka mengambilnya, tetapi syaratnya adalah produksinya nanti harus dijual, itu juga tidak baik nantinya bagi para pelaku ekonomi kreatifnya,” ujarnya wal pekan ini.

Dia mendorong apabila pemerintah sudah memutuskan empat sumber keuangan untuk peminjaman modal, komunikasi antar sumber keuangan tersebut harus berjalan dengan baik.

“Namun persoalannya adalah di dalam RUU kita dikatakan bahwa sumber-sumber keuangan untuk membantu mereka itu ada empat. Yang empat sumber ini kalau koordinasinya kurang, kemudian jalan sendiri-sendiri, tentu hasilnya tidak akan maksimal,” jelasnya.

Baca Juga: RUU Ekraf Harus Bisa Urai Sejumlah Permasalahan
Tips Sukses Kembangkan Bisnis Sektor Pariwisata

Politisi Partai Golkar itu berharap dalam pembahasan RUU Ekraf ini seluruh stakeholder dapat menyamakan persepsi bahwa subjek pembahasan adalah pelaku ekonomi kreatif itu sendiri.

“Mari kita tempatkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif ini sebagai subjek bukan sebagai objek bahwa merekalah yang terpenting,” pungkasnya. 

Berita Terkait

Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali Sumber Utama Polusi, Transportasi Ibu Kota Perlu Diatur Kembali
DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang DPR Setujui Perppu Ormas Jadi Undang-Undang
Komisi IV DPR Tinjau Industri Perikanan Kota Bitung Komisi IV DPR Tinjau Industri Perikanan Kota Bitung

#ekonomi kreatif #kredit modal #DPR #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar